29 October 2020, 13:28 WIB

AS-Indonesia Bahas Palestina yang Sangat Dekat di Hati Rakyat


Faustinus Nua | Internasional

PERTEMUAN Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri AS Miker Pompeo membahas sejumlah isu. Salah satunya yaitu isu Palestina yang terus memperjuangkan kedaulatannya dari upaya aneksasi Israel.

"Kami membahas masalah Palestina. Saya menyebutkan bahwa masalah ini sangat dekat dengan hati masyarakat Indonesia," ungkapnya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (29/10).

Dukungan Indonesia untuk Palestina merupakan bagian dari prinsip politk luar negeri. Sejak dahulu, Indonesia secara konsisten terus menyuarakan dukungannya di panggung internasional, meski dukungan negara-negara Arab kian melemah dengan adanya normalisasi hubungan.

"Saya menegaskan posisi Indonesia dari masalah tersebut, termasuk prinsip solusi dua negara," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, selain soal Palestina, kedua menteri juga membahas isu-isu strategis lain. Beberapa di antaranya yakni kerja sama ekonomi dan dukungan di tengah pandemi, Laut China Selatan, hingga menjaga perdamaian dunia.

"Kami sepakat untuk memperkuat kerja sama di UN Peace Keeping Operations (PKO), termasuk pemberdayaan perempuan penjaga perdamaian. Sebagai cerminan komitmen kita pada PKO, saya memberikan satu contoh bahwa Indonesia siap mempertahankan kapal angkatan lautnya di Libanon selama 6 bulan lagi," ungkap Retno.

Keduanya juga membahas kolaborasi di Afghanistan. Indonesia sangat mengapresiasi kepemimpinan AS yang membawa perdamaian di Afghanistan. "Indonesia siap untuk berkontribusi lebih khususnya pada isu-isu yang terkait dengan pemberdayaan perempuan," tambahnya.

Menlu Pompeo merasa senang bisa kembali ke Indonesia. Dia mengapresiasi upaya Indonesia dalam menjaga perdamaian regional dan global, termasuk melawan terorisme.

"Indonesia sudah melakukan banyak untuk memerangi terorisme, tanpa melanggar kebebasan sipil. Kami mendorong agar Indonesia tetap melakukan pendekatan itu," tutupnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT