29 October 2020, 10:58 WIB

Djokovic Sebut Bintang Tenis Generasi Berikutnya Telah Tiba


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS peringkat satu dunia Novak Djokovic menilai bintang-bintang muda di dunia tenis telah siap menjadi idola tenis generasi berikutnya.

Berbicara pada pers setelah kemenangannya di babak kedua Wina Terbuka 2020, Djokovic menyebut nama-nama seperti Alexander Zverev, Stefanos Tsitsipas, Jannik Sinner, dan Andrey Rublev sebagai para penerusnya.

"Mereka adalah orang-orang dari generasi selanjutnya," ucap Djokovic.

Baca juga: Tsitsipas Tampil Gemilang di Wina Terbuka

"Mereka masih sangat muda, tapi mereka memiliki banyak gelar. Seperti Zverev dan Tsitsipas mereka telah memenangkan ATP Finals. Jadi, orang-orang itu sudah mapan sebagai pemain top," imbuhnya.

Petenis Serbia itu juga menyoroti pemain muda asal Italia Jannik Sinner. Ia menilai petenis berusia 19 tahun itu memiliki kualitas permainan yang baik.

"Saya melihat banyak kualitas dari para pemain muda," sebut Djokovic.

"Sinner memiliki permainan yang kuat dan memiliki kualitas yang baik, dan anda dapat mengatakan bahwa dia memiliki potensi untuk menjadi pemain top dunia," terangnya.

Kendati demikian, Djokovic, yang  mengawali karier luar biasanya saat berumur 20 tahun ketika sukses mengangkat gelar Grand Slam pertama di Australia Terbuka 2008 lalu, mengatakan keseimbangan antara kehidupan dan karier untuk mempertahankan permainan yang berkualitas adalah tantangan yang sebenarnya.

"Banyak hal yang harus disatukan dalam karier dan kehidupan seorang petenis agar dia dapat menemukan yang terbaik dan memaksimalkan potensinya, juga untuk terus berkembang setiap tahun," tuturnya.

"Saya pikir Anda akan memiliki banyak peluang untuk memiliki gelar Grand Slam yang hebat atau gelar hebat lainnya sepanjang musim. Tapi, bisakah Anda bertahan selama tiga, empat, lima, atau 10 tahun?,"  sambungnya.

"Saya pikir itu mungkin tujuan akhir sebenarnya, bagaimana menemukan keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda, dan terus berkembang sepanjang tahun untuk menjadi salah satu pesaing untuk peringkat satu dunia," terangnya.

Sejak kemenangan di Australia Terbuka pada 2008 lalu, Djokovic terus tampil gemilang pada tiap pertandingannya. Bahkan, saat ini, ia telah mengakhiri musim sebagai petenis peringkat satu dunia untuk keenam kalinya, menyamai rekor sepanjang masa milik petenis idolanya Pete Sampras.

Petenis Serbia berusia 33 tahun itu sebelumnya, sukses mengakhiri tahun sebagai peringkat satu dunia sebanyak lima kali yaitu pada 2011, 2012, 2014, 2015, dan 2018.

Djokovic, kini, tengah melakukan perburuan gelar di Wina Terbuka setelah kemenangan terakhir pada 2007 lalu di turnamen tersebut.

Melawan pemenang antara Hubert Hurkacz atau Lorenzo Sonego di babak berikutnya, Djokovic bersiap memperebutkan satu tempat di semifinal. (Atptour/OL-1)

BERITA TERKAIT