29 October 2020, 07:11 WIB

Djokovic Melangkah ke Perempat Final Wina Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS nomor satu dunia Novak Djokovic melangkah ke perempat final Wina Terbuka 2020 setelah mengalahkan petenis Kroasia Borna Coric dalam dua set langsung.

Bermain selama 2 jam dan delapan menit, Djokovic menyelamatkan empat set poin pada pertandingan pembuka dan sukses meraih kemenangan 7-6 (11) dan 6-3.

"Itu sangat melelahkan dan sangat menantang. Jelas Borna adalah petarung yang hebat. Dia adalah teman baikku. Di luar lapangan, kami sudah mengenal cukup lama," ucap Djokovic.

Baca juga: Djokovic Selangkah Lagi Samai Rekor Sampras

"Dia memiliki gaya tenis yang mirip seperti saya. Dari sudut backhand, dia sangat solid dan dia mencoba menciptakan poin dengan forehandnya. Dia melakukan servis dengan sangat baik. Pada set pertama, sangat sulit bagi saya mengembalikan servisnya," jelas petenis asal Serbia itu.

Coric tampil sengit pada set pertama. Tidak mau menyerah begitu saja, ia menarik Djokovic ke permainan tie break yang melelahkan. Namun dengan mentalitas yang luar biasa, Djokovic mampu mengontrol permainan petenis asal Kroasia itu dan merebut set pertama dengan kemenangan 7-6 (11).

"Tie break lagi seperti kemarin melawan Krajinovic untuk menentukan pertandingan. Saya membaca tembakan passingnya pada 5/6 tie break. Dia memiliki pukulan backhand yang cukup mudah. Saya melakukan tembakan voli forehand pendek untuk mengatasinya," terang Djokovic.

"Hal-hal seperti ini terjadi, dan saya sangat senang dapat tetap fokus dan bermain sebaik mungkin pada waktu yang tepat," lanjutnya.

Berkat kemenangan itu, Djokovic memastikan diri mengakhiri musim sebagai petenis peringkat satu dunia untuk keenam kalinya, menyamai rekor sepanjang masa milik petenis idolanya Pete Sampras.

Petenis Serbia berusia 33 tahun itu sebelumnya, sukses mengakhiri tahun sebagai peringkat satu dunia sebanyak lima kali yaitu pada 2011, 2012, 2014, 2015, dan 2018.

Namun, perjuangan petenis berusia 33 tahun untuk meraih gelar Wina Terbuka masih terus berlanjut. Ia harus menantang pemenang antara petenis Polandia Hubert Hurkacz dengan petenis Italia Lorenzo Sonego untuk memastikan satu tempat di semifinal. (Atptour/OL-1)

BERITA TERKAIT