29 October 2020, 06:38 WIB

Keluarga Miller Jual Utah Jazz ke Pengusaha Software


Basuki Eka Purnama | Olahraga

RYAN Smith, pendiri perusahaan pengembang software Qualtrics, telah sepakat membeli klub NBA Utah Jazz dari keluarga Miller, yang telah memiliki klub itu selama 35 tahun. Hal itu diumumkan Jazz, Rabu (28/10).

Kesepakatan yang dilaporkan bernilai US$1,66 miliar itu kini menunggu persetujuan asosiasi pemilik NBA sebelum bisa diselesaikan. Keputusan itu diperkirakan akan keluar pada akhir tahun.

Majalah Forbes menempatkan Jazz di peringkat 21 dari 30 klub NBA dengan valuasi sebesar US$1,55 miliar.

Baca juga: Aniaya Pacar, Guard Toronto Raptors Ditangkap Polisi

Penjualan itu membuat Smith kini menguasai tim Utah Jazz, kandang tim itu, Vivint Arena, plus fasilitas pengembangan bola basket di Salt Lake City.

Smith yang telah lama tinggal di Utah telah lama menjadi rekan kerja Jazz selama bertahun-tahun termasuk kerja filantropi yang mengumpulkan dana sebesar US$25 juta.

"Saya telah mengenal Ryan selama beberapa tahun terakhir dan mengagumi nilai-nilai yang dia dan istrinya, Ashley, anut. Mereka sangat mencintai Utah dan tim ini," ujar Gail Miller, pemimpin Grup Larry H Miller.

"Karena pertemanan kami dan sejumlah pembicaraan selama beberapa tahun terakhir, Ryan, beberapa waktu lalu, bertanya mengenai kemungkinan membeli Utah Jazz dan properti kami lainnya."

"Setelah melalui perundingan panjang, keluarga dan saya memutuskan ini adalah saat yang tepat untuk menyerahkan tanggung jawab kepemilikan Jazz kepada Ryan dan Ashley. Mereka berjanji akan tetap mempertahankan tim ini di Utah," imbuhnya,

Keluarga Miller akan tetap mempertahankan saham minoritas di Jazz yang musim lalu melaju ke putaran pertama playoff sebelum dikalahkan Denver Nuggets.

"Kami semua berutang kepada keluarga Miller yang memimpin tim ini selama 35 tahun terakhir. Saya dan istri merasa terhormat dan tertantang dengan kesempatan membawa tim ini ke masa depan," ungkap Smith. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT