29 October 2020, 01:55 WIB

Kemenpora : Potensi Pemuda Bangun Bangsa Harus Dioptimalkan


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

MENTERI Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali berpesan kepada pemuda Indonesia untuk lebih kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan dalam menghadapi bonus demografi. 

Hal itu diungkapkan Zainuddin dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92, Rabu, (28/10).

Upacara peringatan Sumpah Pemuda tetap berlangsung hikmat walau berlangsung di tengah pandemi covid-19. 

Perayaan HSP berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, akan tetapi tetap hingar-bingar walaupun tanpa kerumunan. 

Zainuddin optimistis, pemuda Indonesia bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk pembangunan bangsa. 

"Kami berpandangan membangun pemuda sekarang sama halnya mempersiapkan dan membangun bangsa ke depan," ucap Zainuddin. 

Baca juga : Peringatan Sumpah Pemuda Momentum Optimalisasikan Peran Pemuda

Sementara itu, salah satu yang membedakan pelaksanaan HSP 2020 dengan tahun sebelumnya adalah tidak dilangsungkannya upacara terbuka menyesuaikan situasi kondisi bangsa Indonesia. 

Situasi tersebut nyatanya tidak menjadi penghalang untuk memperingati momentum penting persatuan pemuda Indonesia serta menggelorakan semangat kebersamaan dan optimisme. 

“Kegiatan peringatan sumpah pemuda ke 92 yang puncaknya hari ini 20 Oktober 2020 digelar secara daring dihadiri oleh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Provinsi se-Indonesia,” ungkap Ketua Panitia Nasional HSP 2020, Asrorun Ni’am Sholeh. 

Sepanjang Oktober yang juga dikenal sebagai Bulan Pemuda, berbagai kegiatan pengembangan kepemudaan terus dilaksanakan dengan tetap mengikut standar protokol Covid-19. 

Kemenpora juga tetap melakukan aktivitas penjaringan dan seleksi putra-putri terbaik Indonesia untuk memperoleh apresiasi di Hari Sumpah Pemuda ke 92.

“Hari ini tetap akan bertabur bintang pemuda-pemudi berprestasi Indonesia di bidang Kewirausahaan, Kepeloporan Pemuda, Kepemimpinan Pemuda, Juara Essai Gagasan Pemuda Bangkit Melawan Covid, Pemuda Berprestasi Internasional, dan Pemuda Difabel Berprestasi” papar Ni’am.

Zainudin berharap pemuda Indonesia untuk tampil menjadi bagian yang membangun optimisme masyarakat dan juga menjadi teladan bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Ini sejalan dengan tema besar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yaitu bersatu dan bangkit," paparnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT