28 October 2020, 16:15 WIB

Start-up Kargo Tawarkan Ongkos Kirim Paling Murah


Mediaindonesia.com | Ekonomi

MEMASUKI revolusi industri 4.0 dan era digitalisasi, sudah saatnya sektor logistik di Indonesia memulai transformasi layanan berbasis teknologi. Tren digitalisasi dan revolusi industri 4.0 menjadi keniscayaan yang tidak bisa dihindari.

Itu disampaikan Beni Syarifudin, Founder dan CEO Trawlbens. "Apalagi hal itu mengantisipasi perkembangan pesat sektor logistik di saat pandemi covid-19 karena orang lebih banyak beraktivitas di rumah," ujar Beni saat launching aplikasi Trawlbens di Jakarta, Rabu (28/10).

Ia mengklaim bahwa Trawlbens merupakan start-up kargo pertama di Indonesia yang memiliki aplikasi dengan teknologi digital terbaru dan terlengkap dengan delapan layanan pengiriman atau perpindahan barang dari dan ke seluruh pelosok Indonesia. Dengan aplikasi yang dapat diunduh secara mudah, pelanggan dan mitra akan menikmati layanan logistik terlengkap dengan tarif riil paling murah.

Tujuannya, aplikasi Trawlbens dapat menjadi solusi permasalahan logistik para UMKM yang selama ini terkendala ongkos kirim yang mahal. “Selama ini teman-teman pengusaha UMKM terkendala masalah logistik. Biayanya kurang ramah di kantong. Kami hadir memberi solusi. Ini bukan janji tapi bukti,” katanya.

Bukan hanya dari sisi teknologi digital, lanjut Beni, revolusi logistik yang diprakarsai pihaknya juga memperluas cakupan dan jangkauan skema alur bisnis logistik nasional. Sebelumnya skema logistik yang umum dipakai hanya dari produsen ke distributor/retail.

Saat ini dengan kehadiran Trawlbens, skema itu bertambah menjadi produsen ke distributor/retail dan produsen/distributor ke konsumen langsung. “Ini akan menjadi angin segar bagi para pelaku di sektor logistik yang diprediksi terus tumbuh sekitar 6,5% per tahun hingga 2022,” jelasnya.

Dorongan teknologi serta model bisnis yang inovatif dalam layanan logistik akan menjadi pilar utama pertumbuhan sektor ini ke depan. Menyadari hal itu, Beni menambahkan, pihaknya gencar memperluas jaringan dan membuka peluang kemitraan.

Delapan layanan yang disediakan perusahaannya antara lain TrawlPack (berat barang minimal 10 kg akan kena tarif pengiriman minimum), TrawlMove (jasa pindahan rumah/kantor/kos, dan lainnya), TrawlCarrier (jasa kirim mobil dengan beberapa metode yang ditawarkan), TrawlHeavy (jasa kirim alat berat seperti forklift), TrawlFeet (penyewaan container size 20-40 feet), TrawlTruck (penyewaan truk dengan beberapa model yang ada), TrawlBoat (penyewaan satu kapal), dan TrawlExim (jasa ekspor dan impor).

“Selain fokus pada kepuasan pelanggan, Trawlbens juga fokus memperluas jaringan dengan membuka peluang kemitraan seluas-luasnya,” ujarnya. Pada tahap awal, pihaknya membuka lima kemitraan, yakni mitra bisnis, mitra tempat, mitra pool warehouse, mitra kurir sepeda motor, dan mitra transporter mobil.

“Dengan menjadi mitra Trawlbens, Anda berpeluang memperoleh penghasilan hingga Rp30 juta per bulan dan menjadi mesin penggerak ekonomi Indonesia. Mari raih sukses bersama Trawlbens,” ucapnya.

Dia menerangkan, dengan potensi pasar layanan logistik yang sangat prospektif di masa depan, mitranya berpeluang memperoleh hasil usaha yang besar dan berkelanjutan secara jangka panjang, sekaligus mendorong perkembangan perekonomian Indonesia. Apalagi TrawlBens memberikan tujuh keunggulan yang tidak dimiliki pesaing sejenis, yakni keandalan transportasi darat, laut, dan udara; warehouse yang luas dan aman di setiap ibu kota provinsi; sistem teknologi terbaru yang akan terus berkembang; tim yang profesional; koneksi yang luas; tarif yang jujur paling murah; serta help desk yang selalu siap memberikan arahan. (OL-14)

BERITA TERKAIT