28 October 2020, 17:00 WIB

Ben Bahat Maknai Hari Sumpah Pemuda dengan Semangat Persatuan


Surya Sriyanti | Nusantara

CALON Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat memaknai hari sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober itu sebagai semangat persatuan. Menurutnya sumpah pemuda adalah cikal bakal dipersatukannya rakyat Indonesia.

Cagub nomor urut satu itu mengutip poin kedua pada sumpah pemuda. Bunyinya adalah 'kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia'.

"Tidak peduli apa agamanya, apa sukunya, apa latar belakangnya. Kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia," ujar Ben Bahat, Rabu (28/10).

Menurut Ben Bahat, masyarakat Indonesia, khususnya para pemuda patut bangga dengan adanya hari sumpah pemuda. Sebab dengan adanya sumpah pemuda merupakan cikal bakal dipersatukannya rakyat Indonesia.

"Sumpah pemuda itu simbol bangsa ini. Simbol persatuan. Di mana keberagaman yang ada di negeri kita ini melebur menjadi satu. Bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu," ujar Ben Bahat.

Bupati Kapuas dua periode itu menekankan tantangan bagi para pemuda saat ini adalah mempertahankan semangat sumpah pemuda tersebut. Menurutnya pemuda adalah tonggak utama dalam merawat persatuan di bangsa ini.

"Tantangan itu hadirnya bukan hanya dari luar saja. Bisa juga dari dalam diri kita sendiri. Di sini peran seorang pemuda sangat dibutuhkan sebagai tameng untuk melawan hal-hal yang bisa merusak persatuan kita semua. Selamat hari sumpah pemuda untuk seluruh rakyat Indonesia," ujar Ben Bahat. (OL-13)

Baca Juga: Lapor Polisi, Anggota DPD Bali Akui Dipukul Tiga Kali

BERITA TERKAIT