28 October 2020, 12:00 WIB

Dukung Kebangkitan Industri Perfilman Indonesia


Achmad Maulana | Hiburan

INDUSTRI perfilman Indonesia menjadi salah satu sektor yang mengalami guncangan selama pandemi covid-19. Pasalnya, proses produksi hingga distribusi film terhambat dalam waktu yang cukup lama.

Ditambah lagi dengan tutupnya bioskop-biskop. Alhasil sejumlah film yang sudah diproduksi pun tidak bisa ditayaknya. Untuk itu OPPO Reno4 Pro bersama Arifin Putra mempersembahkan The Industry presented by OPPO Indonesia, yaitu program bincang-bincang dengan pelaku industri film mulai dari aktor, sutradara, produser, penulis naskah, editor, hingga koreografer yang mengangkat topik beragam seperti perjalanan karier, inspirasi dalam berkarya, dan harapan mereka untuk kemajuan industri film Indonesia.

Baca juga: Indonesia Online Fest 2020, Festival Daring Terbesar di Indonesia

Diungkapkan Chief Creative Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, perfilman Indonesia adalah sebuah ekosistem yang sangat besar dan salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang sangat berpotensi menciptakan karya inovatif dan inspiratif hingga mendapatkan pengakuan dunia. "Sayang, jika potensi itu tidak tergarap akibat pandemi. Karena itu kami menghadirkan ‘The Industry presented by OPPO Indonesia’ yang bertujuan menginspirasi dan menguatkan kembali mereka yang berkecimpung di industri film,” ujar Patrick dalam konferensi secara virtual, Rabu (29/10).

"Program itu akan dipandu oleh aktor Arifin Putra yang telah terjun di dunia film selama 20 tahun dan memiliki kepedulian serta dedikasi tinggi terhadap industri perfilman. Kami sangat antusias akan konten-konten menarik yang disampaikan oleh para narasumber dan kami harapkan dapat memberikan ide segar bagi ekosistem film di Indonesia,” tambah Patrick Owen.

Pada kesempatan yang sama, Arifin Putra mengaku bangga bisa ikut mendorong para pelaku industri film Indonesia beradaptasi menghadapi tantangan selama pandemi maupun ke depannya. "Sebagai bentuk dukungan penuh OPPO Reno4 Pro, seluruh konten program talkshow ini direkam. Semua kecanggihan OPPO Reno4 Pro ini mampu membuat proses syuting berlangsung nyaman dan menghasilkan video berkualitas tinggi.”

Episode pertama bertajuk ‘Film and Franchising: Interlinking Commercial and Creative IP’ akan menampilkan Rio Dewanto yang membahas tentang bagaimana menjalani kehidupan sebagai aktor sekaligus pebisnis serta memanfaatkan film sebagai marketing tool franchise bisnis.

Tidak hanya menghadirkan pelaku industri film kawakan dari Indonesia, progam itu juga menghadirkan sutradara berbakat asal Inggris yaitu Gareth Evans. Gareth Evans sangat mengagumi budaya Indonesia, terbukti dengan keseriusan dalam menggarap riset mendalam yang kemudian divisualisasikan melalui film Merantau, The Raid, dan The Raid 2.

Berkat film-film itu, nama Indonesia bergema di kancah internasional serta melambungkan sejumlah aktor Tanah Air, seperti Iko Uwais dan Joe Taslim.  Gareth Evans nanti akan berbagi tentang proses menciptakan sebuah film, inspirasi kreativitas, ambisi, dan proyek yang akan datang.

Selain Rio Dewanto dan Gareth Evans, nama-nama lain yang akan mengisi program tersebut yakni Yayan Ruhiyan (koreografer bela diri), Nazira C. Noer (publisis), Ical Tanjung (Director of Photography), Cesa David (editor), Laura Basuki (aktris), Catherine Keng (pekerja bidang perbioskopan), Asmara Abigail (aktris), Teddy Soeriaatmadja (sutradara), dan Raihaanun (aktris). (RO/A-1)

BERITA TERKAIT