28 October 2020, 15:15 WIB

Losmen Bu Broto Kembali ke Layar Lebar


Fathurrozak | Weekend

DI era 80-an, serial Losmen Bu Broto sukses menjadi salah satu tayangan paling top. Tayang di TVRI, serial itu dibintangi Mieke Widjaja sebagai Bu Broto. Pada 1987, serial ini pernah diangkat menjadi film berjudul Penginapan Bu Broto yang dimainkan Ida Leman dan August Melasz. Pada film versi 1987, Wahyu Sihombing yang juga membidani serial Losmen, duduk sebagai sutradara.

Kini, film Losmen Bu Broto digarap oleh duo sutradara Eddie Cahyono dan Ifa Isfansyah. Sosok Bu Broto diperankan oleh aktris senior Maudy Koesnaedi, sementara Mathias Muchus yang juga terlibat dalam serial maupun film versi 1987, juga ambil bagian di film yang rencananya akan dirilis tahun depan itu.

"Sebuah film yang sangat personal bagi saya dan Ifa Isfansyah. Nostalgia menjadi alasan kuat untuk menyutradarai bersama. Film ini diproduksi Paragon Pictures dan Ideosource. Mohon doa restunya. Semoga semesta merestui. Bismillah," bunyi pernyataan Eddi Cahyono yang menyertai kiriman foto poster film Losmen Bu Broto di akun Instagramnya, Selasa, (27/10). Sebelumnya, karya sukses Eddi adalah film Siti yang rilis 2014.

Tentang nostalgia, Ifa, yang merupakan sutradara Pendekar Tongkar Emas (2014) mengamini pernyataan Eddie. Produser Fourcolours Films itu mengaku sebenarnya semasa kecil tidak lekat dengan film. Referensi tontonan yang dilahapnya adalah yang tersaji di layar kaca. Salah satunya, Losmen. Namun, nostalgia lain yang juga muncul adalah tentang perjalanan karier keduanya. 

Ifa dan Eddie sama-sama membidani lahirnya rumah produksi mereka kini, Fourcolours Films. Eddie pula orang yang mencekoki Ifa tentang film. 

"Sejak saat itu dari dia saya belajar bagaimana membuat film, terus menerus diracuni tentang seni bercerita lewat gambar bergerak ini. Hingga saya berani menyutradarai film pendek pertama 'Air Mata Surga' dengan satu syarat, harus disutradarai berdua dengannya," kenang Ifa dalam salah satu kiriman Instagramnya, Selasa, (27/10).

"Bisa dibayangkan betapa senangnya saya sekarang mempunyai kesempatan lagi untuk menyutradarai bersama Eddie Cahyono. Sebuah peristiwa nostalgia untuk sebuah film yang dibuat dengan alasan yang sama, nostalgia," sambung Ifa.

Selain Maudy Koesnadi dan Mathias Muchus, film yang rencananya tayang pada 2021 ini juga akan dimainkan di antaranya Putri Marino, Baskara Mahendra, dan Erick Estrada. Aktris Maudy Ayunda juga mensinyalkan terlibat dengan mengunggah poster film itu di akun Instagramnya. Film yang diproduksi Paragon Pictures dan Ideosource, bekerja sama dengan Fourcolours Films ini diproduseri Andi Boediman (Keluarga Cemara), Robert Ronny (Kartini), dan Pandu Birantoro (Kulari ke Pantai). (M-1)

BERITA TERKAIT