28 October 2020, 14:53 WIB

Media Berperan Penting Membentuk Karakter Pemuda


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

MEDIA berperan penting membentuk karakter pemuda. Pembangunan karakter generasi muda menjadi modal penting memajukan Indonesia.

‘’Penting sekali peran media membentuk karakter pemuda,’’ kata CEO Media Group Mirdal Akib dalam webinar daring bertajuk Pemuda Maju, Memajukan Indonesia, Rabu (28/10).

Mirdal mengatakan Indonesia diberkahi bonus demografi yang melimpah. Sebanyak 65 hingga 70 persen penduduk Indonesia berusia 0 sampai 35 tahun. Mirdal terinspirasi dari Jepang usai peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki pada 1945. Kala itu, sebanyak 65 persen penduduk Jepang berusia produktif.

‘’20 tahun kemudian Jepang jadi negara industri ketiga terbesar di dunia. Artinya siklus 20 tahun dari sekarang bertepatan memasuki 100 tahun kemerdekaan Indonesia,’’ ujar dia.

Baca juga : Nadiem Ajak Pemuda Ubah Resah Pandemi Jadi Solusi

Pembentukan karakter melalui media, kata Mirdal, harus dilakukan sejak dini. Supaya bonus demografi tidak menjadi bumerang bagi kemajuan Indonesia.

‘’Kalau tidak bikin ekosistem dan pranatanya, kita khawatir yang kita dapatkan bukan bonus demografi tapi sebaliknya,’’ tutur Mirdal.

Mirdal menambahkan Indonesia bersiap memasuki era 5G. Semua hal akan serba canggih dan otomatis. Regulasi dan peraturan yang jelas mendesak dibentuk agar manusia tetap memegang kontrol terhadap teknologi.

‘’Jangan sampai teknologi mendahulu regulasi yang disiapkan pemerintah. Kalau tidak, siklus 20 tahunan tidak terjadi,’’ ucap dia.  (OL-2)

 

BERITA TERKAIT