28 October 2020, 11:00 WIB

Pfizer Sebut Vaksin Covid-19 Masih Mungkin Tersedia di Tahun 2020


Nur Aivanni | Internasional

PFIZER, pada Selasa, menyatakan optimismenya yang terukur atas prospek penyediaan vaksin virus korona pada tahun 2020 meski mereka mengisyaratkan data utama pada vaksin tersebut tidak akan dirilis sebelum pemilihan AS.

Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla mengatakan raksasa perusahaan farmasi itu dapat memasok sekitar 40 juta dosis di Amerika Serikat pada 2020 jika uji klinis berjalan seperti yang diharapkan dan regulator menyetujui vaksin.

Baca juga: Melania Trump Akhirnya Berkampanye untuk Suaminya

"Jika semua berjalan lancar, kami akan siap mendistribusikan jumlah dosis awal," kata Bourla, yang menunjuk pada kontrak pemerintah AS untuk Pfizer memasok 40 juta dosis pada akhir tahun ini dan 100 juta dosis pada Maret 2021.

Tetapi, Bourla mengatakan perusahaan masih belum mencapai tolok ukur utama dalam menilai kemanjuran vaksin.

Sebelumnya, Pfizer mengatakan bahwa pihaknya bisa memiliki data pada bulan Oktober, yang mungkin telah memajukan proses menjelang pemilihan presiden pada 3 November.

Dia mengatakan perusahaan mengharapkan untuk mengajukan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin covid-19 pada minggu ketiga November, kira-kira sejalan dengan jadwal sebelumnya.

Saat ditanya apakah dia optimis vaksin itu akan berhasil, Bourla berkata, "Saya optimistis bahwa vaksin itu akan berhasil". (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT