28 October 2020, 09:33 WIB

Pemda Diminta Kendalikan Mobilitas Warga Selama Libur Panjang


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto mewanti-wanti pemerintah daerah (pemda) agar mengendalikan mobilitas warga selama libur panjang. Pergerakan masyarakat yang tinggi dikhawatirkan akan meningkatkan penularan covid-19.

"Jumlah massa, mobilitas, dan interaksi berpotensi besar menularkan virus. Yang penting protokol kesehatannya ditaati," kata Terawan dalam keterangan tertulis, Rabu (28/10).

Terawan telah menerbitkan surat pada 22 Oktober 2020 bagi Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di seluruh Indonesia. Surat itu berisi imbauan agar pemda segera menyiapkan langkah antisipasi guna mencegah terjadinya penularan covid-19 selama libur panjang.

Baca juga: Perayaan Keagaaman Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

Terawan menyebut ada sejumlah langkah yang harus dilakukan Pemda, mulai dari menggencarkan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan, hingga menggandeng pemangku kepentingan.

Berdasarkan surat tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus selama cuti bersama dan libur panjang berlangsung.

"(Kerja sama itu) untuk mengintensifkan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan," ujar dia.

Libur panjang kali ini, kata Terawan, menjadi momentum perubahan perilaku masyarakat yang lebih bersih dan sehat. Pemda harus memanfaatkan kesempatan itu dengan menyiapkan sarana dan prasarana cuci tangan dengan sabun di ruang publik.

Terawan menegaskan Pemda tidak boleh kendur melakukan pelacakan, pemeriksaan, serta penanganan virus berbahaya itu. Supaya kasus baru bisa dicegah dan tidak menimbulkan klaster covid-19.

"Ini menjadi acuan kita untuk mengendalikan pandemi covid-19," tutur Terawan.

Sementara itu, Terawan juga mengimbau masyarakat memanfaatkan libur panjang dengan bijak. Dia mengajak masyarakat menikmati liburan di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Namun jika harus keluar rumah, protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan disiplin.

"Kunci utama dalam pencegahan penularan covid-19 adalah dengan disiplin, disiplin, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan," tegas dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT