28 October 2020, 03:10 WIB

Pelatnas Renang Fokus Latihan Fisik


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MANAJER pelatnas renang Wisnu Wardhana mengatakan, sebagai bentuk persiapan menuju Olimpiade di Jepang tahun depan, saat ini para perenang nasional tengah menjalani latihan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dia menjelaskan pelatnas telah dimulai sejak pekan lalu dan para atlet difokuskan dengan latihan fisik sebagai upaya pemulihan dan penguatan daya tahan tubuh. Hal itu dilakukan sebab selama pandemi covid-19 dan penerapan PSBB, mereka hanya berlatih secara terbatas.

“Kami masih melakukan latihan fisik untuk memantapkan sekaligus untuk adaptasi mereka,” kata Wisnu dalam keterangan resminya, kemarin.

Selama pelatnas, Wisnu menjamin pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Dimulai dari menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk kolam renang, cek suhu tubuh, pembatasan lintasan, sampai dengan penerapan protokol ketat di kamar bilas.

Ada enam atlet yang dipanggil pelatnas kali ini, yaitu I Gede Siman Sudartawa, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, Triady Fauzi Sidiq, dan Azzahra Permatahani. Mereka dilatih oleh Albert Sutanto dan Doni B Utomo.

Sementara itu, Glen berharap pelatnas yang dia ikuti bisa meningkatkan kembali kemampuannya. Apalagi sejak pandemi, ia tak bisa berlatih akibat penutupan area kolam renang selama masa PSBB.

“Selama masa pandemi covid-19, kami kesulitan berlatih, baik di pusat kebugaran maupun di kolam renang. Harus diakui kami yang di pelatnas sangat kurang berlatih,” sebut Glen.

“Saat ini saya juga meninggalkan Bandung untuk ke Jakarta yang memiliki fasilitas kolam renang dengan protokol kesehatan yang cukup baik. Semoga ini bisa meningkatkan lagi kemampuan karena memulainya juga dari nol lagi,” tuturnya.

Glen dkk rencananya berlatih hingga Desember. Pada awal 2021, dia dan rekan-rekannya akan bertolak ke Australia untuk berlatih di sana. (Rif/R-3)

BERITA TERKAIT