28 October 2020, 09:09 WIB

Wapres: Negara Butuh Pemuda yang Inovatif


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin berharap Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928 terus menjadi sumber inspirasi dan energi pemersatu bagi kaum muda dalam berkarya mengisi kemerdekaan.

"Sumpah Pemuda menjadi inspirasi sekaligus energi yang menjadikan keragaman budaya Indonesia kekuatan pemersatu dalam mengalahkan musuh bersama bangsa dan mengantar Indonesia meraih kemerdekaan. Karena itu diharapkan Sumpah Pemuda ini terus menjadi sumber inspirasi dan energi pemersatu bagi kaum muda dalam berkarya mengisi kemerdekaan,” kata Ma’ruf saat menyampaikan ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92, Rabu (28/10).

Menurut Ma’ruf, saat ini, peran aktif kaum muda sangat diperlukan di tengah suasana sulit yang menimpa bangsa Indonesia akibat wabah covid-19.

Baca juga: Pendidikan Karakter dan Eksistensi Generasi Muda

Peran aktif tersebut terutama dalam upaya memutus mata rantai penularan virus dan menanggulangi dampak pandemi yang multidimensi.

"Mari jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini sebagai momentum bersatu dan bangkitnya pemuda Indonesia, untuk terus berinovasi, bergerak dan bergotong royong mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," imbaunya.

Wapres menyebutkan, saat ini, negara membutuhkan pemuda dan pemudi yang tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga inovatif dan produktif.

"Jadilah pemuda dan pemudi Indonesia yang sehat, cerdas, inovatif, dan produktif," pungkasnya.

Sebagai informasi, pada tahun ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelorakan semangat "Bersatu dan Bangkit" sebagai tema peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92. (OL-1)

BERITA TERKAIT