28 October 2020, 06:22 WIB

PSSI Klaim Timnas U-19 Alami Peningkatan


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PSSI mengaku mendapati hasil positif berupa peningkatan kualitas pemain tim nasional U-19 setelah analisa dan evaluasi dilakukan pascakepulangan skuad dari program pemusatan latihan (TC) di Kroasia selama dua bulan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, yang ditemui dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (27/10), menyebut terjadi tren peningkatan kemampuan fisik per individu dari para pemain timnas berjuluk Garuda Nusantara tersebut.

"Dari hasil analisa sementara, mereka mengalami cukup banyak kemajuan yang signifikan. Dari penampilan mereka ada tren yang baik. Menurut Shin
(Tae-yong), mental mereka mendekati 80%. Mudah-mudahan mereka akan terus meningkat. Kami soroti permainan mereka makin baik tiap hari," papar Iriawan.

Baca juga: Setelah Kroasia, Timnas U-19 Diupayakan Berlatih di Belanda

Sedangkan untuk aspek teknik, Iriawan menyebut kemampuan timnas U-19 sudah mencapai 70%. Untuk selanjutnya diharapkan jajaran pelatih bisa
mendongkrak sebesar 30% agar mencapai angka sempurna melalui kompetisi, atau jika tidak memungkinkan akan mengikuti roadmap yang akan ditentukan.

Dari hasil laporan tim pelatih yang ia terima, seluruh anggota timnas, termasuk pelatih dan ofisial, juga dinyatakan sehat sepulang dari Kroasia.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun senang dengan hasil yang dicapai timnas U-19 selama penggemblengan di Kroasia dan mengklaim banyak manfaat yang sudah didapatkan.

Kendati begitu, PSSI tetap merasa belum puas dengan hasil itu dan akan menggodok upaya TC lanjutan ke negara lainnya.

"Kami akan berdiskusi berikutnya akan ke mana, besok akan diadakan rapat khusus dengan pelatih soal agenda berikutnya. Tadinya setelah balik dari Kroasia (timnas) akan dikembalikan ke klub masing-masing. Tapi, karena sampai saat ini belum ada turnamen, akan kami diskusikan dengan pelatih," kata Iriawan.

Dengan alasan itu, kemungkinan timnas U-19 akan diberi libur sementara namun dengan tetap memperhatikan upaya menjaga fisik dan mental pemain.

"Kami akan berikan mereka kesempatan untuk bertemu orangtua, mungkin ada yang kangen keluarga jadi biar mereka bertemu," pungkas Iriawan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menuturkan kemampuan timnas U-19 mengalami kenaikan selama berproses di Kroasia. Pada fase awal timnas sempat kewalahan namun pada akhir fase menunjukkan perubahan drastis.

"Semangat anak-anak cukup bagus meski di akhir cuacanya tidak bersahabat, tapi mereka mau memberikan yang terbaik bagi bangsa. Apalagi tahun depan ada Piala Dunia (U-20)," kata Indra. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT