28 October 2020, 04:26 WIB

Media Indonesia kembali Raih Penghargaan Dedikasi Berbahasa


Dro/X-3 | Humaniora

BAHASA merupakan identitas bangsa. Penggunaan bahasa yang baik dan benar merupakan suatu tujuan yang ideal bagi sebuah karya jurnalistik.

Meski tidak mudah, Harian Umum Media Indonesia mampu kembali meraih penghargaan sebagai Surat Kabar Berdedikasi dalam Berbahasa Indonesia dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ini merupakan kali kedua secara berturut-turut Media Indonesia mendapatkan penghargaan dalam kategori yang sama. Sebelumnya, Media Indonesia memperoleh penghargaan serupa pada 2019.

Atas capaian membanggakan ini, Redaktur Bahasa Media Indonesia Dony Tjiptonugroho mengatakan keberhasilan Media Indonesia menjadi yang terbaik dalam berbahasa Indonesia diraih berkat kerja sama apik semua pihak, terutama redaksi dan tim bahasa.

“Kami menyadari berita kita dikonsumsi publik sehingga kualitas harus dijaga. Kita harus menyajikan berita dengan penyampaian yang selaras dengan kaidah bahasa,” tutur Dony, kemarin.

Kepastian penghargaan itu sendiri disampaikan berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2574/I3/BS/2020 tertanggal 27 Oktober 2020. Selain Media Indonesia, Kompas dan Koran Tempo juga mendapatkan penghargaan serupa.

Di samping itu, Harian Lampung Post yang juga merupakan bagian dalam Media Group News mendapatkan penghargaan Surat Kabar Terbaik dalam Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Tingkat Nasional.

Untuk tahun ini Lampung Post masuk 10 besar nasional setelah Bisnis Indonesia, Republika, Pikiran Rakyat, Jawa Pos, Tribun Jabar, Superball, Suara Merdeka, Solo Pos, dan Kontan. (Dro/X-3)

BERITA TERKAIT