27 October 2020, 20:00 WIB

Tiga Produk Berteknologi Mutakhir Jawab Kebutuhan saat Pandemi


Mediaindonesia.com | Teknologi

PANDEMI covid-19 yang masih melanda dunia membuat masyarakat melakukan sebagian besar kegiatan di rumah, tak terkecuali Indonesia. Selain itu, banyak orang mulai memperhatikan kebersihan dengan detail terhadap rumah, pakaian, dan makanan.

"Di tengah pandemi kini, kita semua didorong untuk lebih mengutamakan kebersihan dan kesehatan. Berbagai kebiasaan lama tidak lagi aman dilakukan. Muncul berbagai kebiasaan baru yang menunjang kesehatan, seperti pembelian makanan segar dan memasak di rumah atau meningkatnya upaya membersihkan seisi rumah. Di sisi lain, rumah yang tiba-tiba menjadi pusat segala kegiatan sepanjang hari, belum dipersiapkan untuk seluruh kegiatan ini," tutur Hendry Wijaya, Product Marketing Manager Home Appliances Samsung Electronics Indonesia, dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10).

Untuk menjawab kebutuhan itu, perusahaan asal Korea Selatan tersebut meluncurkan kulkas, mesin cuci, dan pembersih debu vakum dengan teknologi mutakhir pada hari ini. Produk ini yaitu Refrigerator Multidoor RF60, Jet Vacuum Cleaner, dan Washing Machine Top Load Inverter.

Hendry menjelaskan Refrigerator Multidoor RF60 menjawab kebutuhan masyarakat yang kini cenderung berbelanja bahan makanan lebih banyak. Ini berarti mereka membutuhkan tempat penyimpanan yang memadai sekaligus menjaga keawetan makanan.

Kulkas Multidoor RF60 memiliki kapasitas besar hingga 611 liter. Produk ini terbagi menjadi satu kompartemen chiller/fridge di atas, satu freezer di bagian bawah, dan satu kompartemen yang dapat diubah suhunya dari 2 hingga -23°C.

"Itu menjadikannya ideal untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan berbeda," ujarnya. Dengan triple cooling system, ketiga kompartemen memiliki sistem evaporator dan kipas independen. Dengan demikian, suhu konsisten terjaga dan aroma makanan antarkompartemen tidak saling tercampur, sehingga tidak merusak tekstur dan rasa bahan makanan.

Lantas Washing Machine Top Load Inverter memiliki keunggulan tersendiri dalam membersihkan pakaian. Pada proses pencucian baju, tempat deterjen magic dispenser menciptakan pusaran air kuat untuk melarutkan deterjen dan menyebarkannya secara merata di awal pencucian. Ini mengurangi residu deterjen pada pakaian.

Itu ditambah dengan teknologi Wobble yang menghasilkan aliran pencucian multiarah yang dinamis di dalam tabung. Aliran air ini membuat pakaian tercuci bersih tanpa merusak kain sekaligus mencegah pakaian menjadi kusut atau terlilit satu sama lain. Penyetrikaan pun kemudian menjadi lebih mudah.

"Fitur terbaru Deep Softener memaksimalkan efek pelembut (softener) yang dipakai sehingga untuk takaran yang sama, keharuman pakaian bertahan lebih lama," kata Hendry. Softener tidak dicampur dengan deterjen, melainkan dituangkan pada saat proses pembilasan dan pemutaran pakaian, sehingga waktu dan proses perendaman lebih maksimal.

Lantas Vacuum Cleaner Jet membantu membersihkan rumah dengan lebih mudah. Dari awal penghisapan debu hingga pembuangannya, Jet menghindarkan debu-debu tertiup kembali ke dalam rumah.

Dilengkapi dengan digital inverter motor yang memberikan efisiensi energi tinggi, cukup dengan daya input 410 watt, pembersih itu akan menghasilkan daya hisap hingga 150 watt. "Ini merupakan daya hisap yang kuat dan dipadukan dengan struktur multisiklon Jet Cyclone yang menyaring dan menangkap debu lewat lima lapis penyaringan," ungkapnya.

Siklon utama dan jaring logam menangkap debu besar. Jet Cyclone dan filter mikro menangkap debu halus. Terakhir, filter untuk debu yang sangat halus memerangkap 99,999% debu mikro, termasuk partikel berukuran 0,3-10 µm dan alergen. Inilah 5-layered HEPA filtration system yang menangkap debu sekaligus mengeluarkan udara bersih.

Terkait harga, Multidoor RF60 dilepas pada Rp25.999.000. Top Load Inverter tersedia dalam tiga kapasitas: 9,5 kg, 11 kg, dan 13 kg dengan harga antara Rp4.599.000-Rp5.499.000.

Jet Vacuum Cleaner tersedia pada harga Rp5.599.000 dengan kelengkapan Clean Station Rp2.999.000. Seluruh rangkaian Samsung Home Appliances tersebut dapat diperoleh melalui toko online Samsung.com. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT