27 October 2020, 21:24 WIB

Antisipasi Lonjakan Lalin, Polri Siapkan Kebijakan Khusus di Tol


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

WAKIL Kepala Polri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono bersama Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto memantau kondisi dan pengamanan arus lalu lintas libur panjang Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW.

Terkait lonjakan lalu lintas, Gatot menuturkan Ditlantas Polda Jabar telah mengantisipasi, salah satunya dengam menutup rest area sekitar KM 50 tol Cikampek, dan menjalankan Contraflow. Ditlantas juga melarang kendaraan sumbu 3 masuk tol mulai kemarin malam.

"Sepanjang pantauan saat ini masih belum signifikan adanya lonjakan lalu lintas, kemungkinan sore atau malam ini," ucap Gatot, Selasa (27/10).

Adapun rombongan tiba di Pospol Cikopo, Purwakarta melalui jalur udara bersama jajaran pejabat utama Mabes Polri.

Gatot juga mengatakan pemantauan kali ini melihat kesiapan dari jajaran Polda Jabar dalam mengantisipasi terjadinya kemacetan, fatalitas lakalantas dan meminimalisir gangguan keamanan.

Baca juga : Anies Baswedan Imbau Warga tidak Tergoda ke Luar Kota

"Selain itu yang terpenting meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kluster-kluster baru penyebaran covid-19," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Gatot, pihaknya telah menggelar Operasi Yustisi dan Operasi Zebra bersama-sama TNI dan instansi lainnya mulai tanggal 26 Oktober 2020.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk liburan di rumah, terapkan SOP protokol kesehatan, tujuannya agar masyarakat libur sehat dan nyaman," terangnya.

Sementara itu, usai mendampingi rombongan Kakorlantas melalui jalur darat melanjutkan pantauan lalu lintas hingga menuju ke Jawa Tengah.

"Ya, ini lanjut pantauan ke Brebes," ucap Istiono. (OL-7)

BERITA TERKAIT