27 October 2020, 12:05 WIB

Penting, Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi


Eni Kartinah | Humaniora

KESEHATAN adalah sesuatu yang sangat penting bagi manusia. Sebab saat sakit, kita tidak bisa melakukan apa-apa dan semuanya menjadi tidak enak. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga. Untuk itu menjaga daya tahan tubuh sangat penting agar tidak tertular virus korona. Selain itu tentu saja kita harus mematuhi protokol kesehatan.

Diungkapkan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, M.Si, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Pertama, memakan makanan bergizi dan kedua rutin  berolahraga.

Baca juga: Lawan Covid-19 dengan Membangun Sistem Imun Tubuh

Selain itu, kita juga bisa menambah dengan suplemen yang mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah Imunomodulator, yakni zat yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh secara optimal dari infeksi atau mikroorganisme seperti virus, bakteri atau parasit.

Imunomodulator berbahan alami dapat diperoleh dari tanaman herbal asli Indonesia, seperti meniran, daun kelor,dan kunyit. PT Deltomed Laboratories, produsen obat herbal yang telah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun, berkomitmen untuk terus mendukung kesehatan tubuh masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui produk herbal yang dapat memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat Indonesia yaitu produkherbal imunomodulator bernama Imugard. Konsumsi Imugard secara teratur efektif dapat membantu memelihara dan memperkuat sistem pertahanan tubuh.

“Imunomodulator adalah zat yang berfungsi untuk memodifikasi respon imun terhadap antigen dari dalam tubuh maupun luar tubuh atau benda asing yang mengancam kesehatan. Imunomodulator bekerja dengan menstimulasi mekanisme pertahanan spesifik dan non-spesifik. Selain itu, imunomodulator juga berperan sebagai imunostimulan, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh,” ujar Inggrid pada acara konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10).

“Masyarakat dapat memperoleh zat imunomodulator dengan mengonsumsi tanaman herbal, seperti Meniran, daun kelor dan kunyit, baik dalam bentuk segar maupun produk siap minum. Konsumsi imunomodulator alami yang berasal dari ketiga herbal tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu panjang dan tanpa batas durasi maksimal,” imbuhnya

Meniran terbukti secara ilmiah sebagai imunostimulan yang berfungsi meningkatkan sistem imun spesifik dan non spesifik. Daun kelor kaya akan nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, dan berbagai vitamin, serta berfungsi juga sebagai imunomodulator. Kunyit juga dapat membantu memelihara sistem saluran pencernaan sehingga meningkatkan absorpsi nutrisi pada saluran pencernaan, serta sebagai antiviral, anti inflamasi yang berfungsi sebagai imunomodulator.

“Kehadiran Imugard merupakan bentuk komitmen Deltomed dalam mendukung kesehatan masyarakat agar daya tahan tubuh masyarakat di tengah situasi pandemi covid-19 tetap terpelihara dan dapat meningkat. Imugard mengandung 100% ekstrak Meniran, daun kelor, dan kunyit yang khasiatnya tidak diragukan lagi,” tambah Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc.

Sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap Pemerintah Indonesia, pada 15 September lalu Deltomed juga telah mendonasikan 300.000 kaplet Imugard senilai Rp1,050 juta kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Selain itu Deltomed juga melakukan berbagai donasi ke berbagai pihak di berbagai daerah, sebagai wujud kepedulian Perusahaan terhadap situasi pandemi ini, juga kepada kesehatan masyarakat Indonesia.   (RO/A-1)

BERITA TERKAIT