27 October 2020, 20:10 WIB

Wakapolri: Jangan Sampai Muncul Klaster Liburan


Reza Sunarya | Humaniora

WAKIL Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Gatot Eddy Pramono meninjau Posko Cikopo di Purwakarta Jawa Barat, Selasa (27/10). Selain meminimalisir kemacetan, lakalantas hingga antisipasi gangguan keamanan, kepolisian bersama pihak terkait mengupayakan langkah-langkah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 agar tidak timbul klaster-klaster baru selama atau pascalibur panjang.

"Ada beberapa hal yang jadi prioritas dalam pengamanan long weekend ini, diantaranya menjaga kelancaran arus lalu lintas, antisipasi fatalitas laka lantas, gangguan kamtibmasm dan langkah-langkah meminimalisir penyebaran covid-19 untuk mencegah timbulnya klaster-klaster baru," kata Gatot Eddy.

Berkaitan dengan kelancaran arus lalulintas pada long weekend yang dimulai pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang, Wakapolri mengatakan secara teknis jika terjadi lonjakan arus jajaran kepolisian akan melakukan langkah penutupan atau pengalihan arus dari sejumlah titik sumber kemacetan, seperti rest area atau lainnya.

"Jika diperlukan, kita lakukan contraflow. Sementara untuk pelarangan masuk tol bagi kendaraan sumbu 3, sudah sejak tadi malam kita lakukan. Kami juga tengah melakukan operasi zebra dan yustisi yang sudah dilakukan sejak 26 oktober hingga 8 november mendatang," ungkap Gatot Eddy.

Sementara, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dan pencegahan timbulnya kluster baru, pihaknya menyarankan agar masyarakat melakukan liburan yang aman nyaman dan sehat. Dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan anjuran pemerintah seperti tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun (3M).

"Tetap waspada, jangan sampai timbul kluster wisata atau kluster keluarga di tengah liburan," ungkap Wakapolri. (R-1)

BERITA TERKAIT