27 October 2020, 20:00 WIB

Masa Libur Panjang, Polda Jateng Siapkan 1.700 Personel


Supardji Rasban | Nusantara

KAPOLDA Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi memprediksi ada sekitar 8 ribu kendaraan pribadi yang akan masuk wilayah Jateng pada puncak arus mudik libur panjang. Guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang masuk, Polda Jateng telah menyiapkan 1.700 personel di ruas Tol Tranjawa jalur Pantura dan jalur selatan.

Hal itu disampaikan Luthfi saat melakukan pengecekan pos pengamanan arus libur panjang di pintu Tol Brebes Timur di Kabupaten Brebes, Selasa (27/10). Lonjakan volume kendaraan diperkirakan terjadi pada malam ini dan Rabu (28/10) pagi. "Diperkirakan ada delapan ribu kendaraan dari arah Jakarta dan Jawa Barat masuk ke wilayah Jawa Tengah," ujar Luthfi.

Luthfi menyebut namun hanya separuhnya atau 4 ribu kendaraan yang akan melanjutkan melalui jalur Tol Trans Jawa ruas Pejagan-Pemalang. "Sedang sisanya melanjutkan perjalanan melalui jalur selatan Pejagan-Prupuk bagi kendaraan yang akan mudik ke kota-kota di selatan Jawa Tengah dan tujuan Yogyakarta," terang Kapolda.

Menurut Kapolda, khusus diruas Tol Trans Jawa ada tujuh belas rest area yang telah disiapkan untuk pemeriksaan kesehatan pemudik yakni rapid tes dengan skala prioritas.

Pelaksanaan rapid tes bekerja sama dengan gugus tugas pemerintah daerah setempat dan kapasitas di rest area juga dibatasi hanya lima puluh persen dari kapasitas normal untuk mencegah penularan virus Covid 19," papar Luthfi.

Menurut Luthfi, guna mengamankan arus mudik Polda Jateng mengerahkan 1.700 personel gabungan yang ditempatkan di sejumlah titik Jalur Pantura, selatan dan ruas Tol Trans Jawa. kapolda Kita megimbau pemudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat dalam perjalanan maupun saat beristirahat di res area tol," pungkasnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT