27 October 2020, 19:11 WIB

Komunitas Tari di Karawang jadi Klaster Covid-19


Cikwan Suwandi | Nusantara

SEBUAH komunitas tari di Karawang, Jawa Barat, menjadi klaster penyebaran Covid-19. Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, Fitra Hergyana menyebutkan 11 orang anggota komuitas tari di Kecamatan Karawang Barat tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Fitra mengatakan awal mulai diketahui klaster komunitas tari itru berawal ditemukannya salah satu anggota komunitas tersebut yang terpapar Covid-19. Kemudian, satgas melakukan tracing pada anggota komunitas lainnya dan ditemukan sebanyak 10 orang lagi yang ikut tertular setelah ikut dalam sebuah acara yang digelar komunitas tersebut.

"Mereka merayakan pesta ulang tahun di salah satu restoran di Karawang. Ini menjadi bukti jika Covid-19, sangat mudah menulari pada kerumunan massa," kata Fitra, Selasa (27/10/2020).

Lebih jauh, Fitra mengatakan saat ini, jumlah pasien penderita Covid-19 yang diisolasi maupun dirawat cukup banyak di Karawang. Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Karawang juga harus menghadapi kekurangan tenaga medis, karena tenaga medis di Karawang juga banyak yang terpapar.

"Hari ini 349 warga yang dirawat, dari total itu yang dari tenaga medis sehanyak 22 orang," kata Fitra.

Hingga Selasa (27/10), warga Karawang yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 berjumlah 1.379 orang dengan rincian 349 warga dirawat/diisolasi, 984 orang dinyatakan sembuh dan 46 orang meninggal dunia. "Hari ini bertambah 30 orang," pungkasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT