27 October 2020, 16:43 WIB

PPSU Cilandak Angkut 1.000 Karung Sedimen Lumpur dan Sampah


Deden Muhamad Rojani | Megapolitan

PETUGAS PPSU Kelurahan Cilandak Timur mengangkut 1.000 karung lumpur dan sampah hasil pembersihan selokan air di sekitar Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (27/10).

Lurah Cilandak Timur Sunardi mengatakan, karung berisi lumpur dan sampah tersebut diangkut dua mobil truk untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Baca juga: Rapat di Puncak, Ketua DPRD DKI Jalani Rapid Tes

Sunardi menuturkan, pembersihan dilakukan untuk mengantisipasi genangan air dan banjir di jalan tersebut ketika turun hujan.

"Pengerukan itu merupakan upaya mengantisipasi terjadinya luapan air yang berakibat terjadinya genangan air di sekitar wilayah, dan melibatkan belasan petugas PPSU Kelurahan Cilandak Timur," ujarnya.

Sunardi menjelaskan, sedimen lumpur yang tebal dan keberadaan sampah pada saluran air kerap menghambat aliran air di kawasan tersebut.

"Kami gencar membersihkan gorong-gorong dan saluran air dari sampah dan sedimentasi agar daya tampung semakin luas. Saya berharap, kegiatan antisipasi banjir dan genangan lewat pengerukan sampah dan sedimen lumpur, dapat diikuti oleh warga di wilayahnya masing-masing dengan cara bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan serta saluran airnya," tutupnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT