27 October 2020, 15:30 WIB

Rawan Begal, Polisi Imbau Jangan Bersepeda Sendirian


Rahmatul Fajri | Megapolitan

KEPALA Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengimbau pesepeda sebaiknya berombongan dan jangan bersepeda sendiri. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya begal terhadap pesepeda yang marak terjadi beberapa waktu terakhir.

"Kami imbau jaga safety diri sendiri. Jangan bersepeda di tempat sepi. Kedua, jangan bersepeda sendiri, kalau bisa berkelompok. Ini untuk menghilangkan niat plus kesempatan," kata Yusri, ketika ditemui di kantornya, Selasa (27/10).

Selain itu, Yusri mengimbau pesepeda juga tak mencolok ketika perjalanan yang bisa memancing adanya tindak kriminal. Ia mengatakan barang bawaan harus disimpan di tempat yang aman.

"Mengharapkan kepada pengguna sepeda jangan menancing pelaku. Contoh, sambil sepeda, sambil selfie dengan handphone. Ini memancing. Membawa barang dengan aman dan bagaimana bisa memprotek diri sendiri," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan pihaknya akan melakukan patroli untuk mencegah terjadinya begal sepeda. Ia mengatakan tim khusus di bawah Direktorat Reserse Kriminal Umum telah disiapkan untuk memetakan lokasi rawan begal, sekaligus mengungkap pelaku.

"Di satu sisi kami juga preventif dengan patroli penjagaan. Kami mapping dengan tim bergerak terus dan kami mengungkap pelaku yang menggunakan kesempatan sekarang ini dengan begal sepeda yang lebih gampang daripada begal motor," kata Yusri. (OL-4)

BERITA TERKAIT