27 October 2020, 15:01 WIB

Suami Istri di Pangandaran Meninggal Tertimbun Longsor


Kristiadi | Nusantara

HUJAN deras yang terus terjadi di beberapa wilayah telah mengakibatkan tebing setinggi 5 meter longsor hingga menimbun rumah berada di Dusun Pangasinan, RT 21 RW 06, Desa Pasirgeulis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Selasa (27/10). Dalam kejadian tersebut, pasangan suami istri meninggal dunia.

Kepala Desa Pasirgeulis Usman mengatakan, pasangan suami istri itu bernama Irut, 75, dan Sunarsih, 70. Kejadian tersebut itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB.

"Keduanya baru ditemukan pukul 05.30 WIB setelah salah satu anaknya melihat rumah ibu dan ayahnya tersebut rata dengan tanah," katanya, Selasa (27/10).

Evakuasi terhadap dua korban yang tertimbun material longsor dilakukan warga setempat dibantu TNI dan Polri dengan menggunakan beberapa alat manual, mulai cangkul, sekop, dan peralatan lain hingga membuahkan hasil. Keduanya berada di kamar tidur diduga tengah terlelap tidur.

"Kedua korban setelah dievakuasi langsung dibawa ke rumah anaknya untuk dimandikan dan pada pukul 11.00 WIB keduanya langsung dimakamkan di permakaman umum. Petugas gabungan BPBD, TNI, polisi, Tagana, dan masyarakat membereskan material rumah korban dengan mengamankan barang yang masih utuh untuk diserahkan langsung kepada anaknya," ujarnya.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Pangandaran dan sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jabar, Dani Ramdan, mengatakan, hujan deras yang terjadi di wilayahnya selama ini telah menimbulkan banjir dan longsor hingga pasangan suami istri meninggal dunia. Kejadian tersebut di luar dugaan karena kondisinya sulit dijangkau oleh petugas. (OL-14)

BERITA TERKAIT