27 October 2020, 14:55 WIB

Pirlo Waswas Tanpa Ronaldo Saat Menjamu Barca


Akmal Fauzi | Sepak Bola

REUNI bintang Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi diragukan terjadi saat Juventus menjamu Barcelona di pertandingan kedua penyisihan grup Liga Champions, Kamis (29/10) dini hari WIB. Ronaldo masih harus menunggu hasil tes usap (swab test) yang harus diserahkan pada Rabu (28/10) waktu setempat sebelum kick off.

Kedua tim sama-sama meraih kemenangan pada laga pertamanya di pentas Eropa musim ini. Juventus menang 2-0 di markas Shakhtar Donetsk dan Barcelona melumat Ferencvaros 5-1 di Camp Nou.

Kondisi Cristiano Ronaldo membuat juru taktik Si Nyonya Tua, Andrea Pirlo was-was jelang laga lanjutan Liga Champions menghadapi Barcelona. Tanpa Ronaldo, Juventus harus bermain imbang 1-1 di markas sendiri melawan Hellas Verona. Sebelumnya juga, Juventus dipaksa berbagi poin deng Sampdoria di laga yang berkesudahan 3-3.

“Terkait Cristiano Ronaldo belum ada kabar. Kamu menunggu hasil tes. Dia menjalani tes di rumahnya, jika ada kabar nanti akan diinformasikan,” kata Pirlo.

Ronaldo harusnya sudah boleh berlaga saat Juventus menghadapi Hellas Verona pada Minggu (25/10) lalu. Namun, hasil tes usap terakhir kapten timnas Portugal itu dinyatakan masih positif.

Bagi Andrea Pirlo, bertemu Barcelona tidak perlu diingatkan tentang pertarungan terakhirnya dengan Blaugrana, yang juga merupakan penampilan terakhirnya saat berseragam Juventus. Saat itu Barcelona, mengalahkan raksasa Italia itu di final Liga Champions 2015.

Musim ini, Pirlo duduk sebagai pelatih Juventus dan telah mempersiapkan pertandingan kandang Liga Champions pertamanya. Juventus memenangkan empat pertandingan kandang terakhir Liga Champions dan hanya kalah empat dari 42 pertandingan Eropa mereka di Stadion Allianz, tiga di antaranya terjadi dalam 10 pertandingan terakhir mereka.

Meski laju Juventus sedang tak mulus, Pirlo tak khawatir menghadapi tantangan dari Barcelona. "Tidak, saya tidak khawatir jelang melawan Barcelona, karena itu adalah dua pertandingan yang berbeda, dengan dua gaya main yang berbeda," ujar Pirlo

Winger Juventus, Juan Cuadrado tidak khawatir dengan awal musim Juventus yang lambat. Melawan Barcelona, Si Nyonya Tua harus mengeluarkan semua kemampuan.

“Melawan tim seperti ini, kami selalu mengeluarkan sesuatu yang lebih, kami akan mempersiapkan pertandingan dengan determinasi dan keinginan untuk menang. Kami harus ingat bahwa kami adalah profesional. Kita harus mengeluarkan semuanya sampai akhir," kata Cuadrado.

Tuan rumah mungkin merasa ini adalah waktu terbaik untuk menghadapi Barcelona yang penuh gejolak di dalam dan di luar lapangan. Ronald Koeman awalnya memantapkan posisi dengan mengalahkan Villarreal dan Celta Vigo dalam dua pertandingan pertamanya sebagai pelatih.

Namun, saat kabar pemotongan gaji akibat krisis muncul, Barcelona hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan La Liga berikutnya, termasuk kekalahan beruntun di tangan Getafe dan saat laga El Clasico melawan Real Madrid di Camp Nou.

Pertandingan itu juga akan menarik saat dua gelandang anyar kedua tim Arthur Melo serta Miralem Pjanic bertemu. Arthur diboyong Juventus dari Barcelona dengan biaya 72 juta euro. Sedangkan Pjanic digaet Barcelona dari Juventus dengan tebusan 60 juta euro.

Posisi Arthur ketika di Barcelona cukup vital. Dia rajin menjadi starter serta merupakan salah satu motor serangan yang menghidupkan aliran bola di lapangan tengah Los Azulgranas.

Sementara Pjanic, selama empat musim terakhir menjadi janderal lapangan tengah Juventus. Dia menggantikan peran Andrea Pirlo yang sekarang menjadi pelatih Bianconeri. (Thesun/Skysports/OL-4)

BERITA TERKAIT