27 October 2020, 14:01 WIB

Kota Washington DC Dibayangi Kehadiran Lebah Pembunuh


Putri Rosmalia | Weekend

WARGA di Washington DC, Amerika Serikat, dibuat panic dengan ditemukannya sarang besar lebah pembuhun di sekitar kediaman warga. Diiperkirakan masih ada ratusan lebah pembunuh yang berkeliaran dan tinggal di sarang lain sekitar kota tersebut.

"Kami sangat senang sudah berhasil menemukan dan memusnahkan sebuah sarang," ujar ahli Entomologist Sven Spichiger, seperti dilansir nationalgeographic.com, Selasa, (27/10).

Meski diyakini masih banyak sarang yang harus ditemukan, penemuan sebuah sarang dianggap sebagai sebuah kemajuan. Diharapkan temuan itu akan bisa menggiring para ilmuan dan petugas untuk melacak keberadaan sarang lainnya.

Lebah pembunuh tersebut merupakan lebah asli Asia. Keberadaannya tidak hanya mengancam nyawa spesies lebah dan hewan lain tetapi juga mengancam manusia.

Meski begitu, warga Washington DC diimbau pemerintah setempat untuk tidak panik. Mereka diminta menghindari aktivitas di suatu tempat bila mereka mencurigai adanya lebah di sekitarnya. Lebah pembunuh diyakini tak akan menyakiti manusia bila tidak merasa terganggu.

Saat ini para ilmuwan terus mencoba melacak keberadaan sarang lebah pembunuh lainnya. Mereka menggunakan teknologi radio frekuensi untuk melacak keberadaan serangga tersebut menggunakan gelombang suara. (M-4)

BERITA TERKAIT