27 October 2020, 13:45 WIB

Nadiem: Bangkit di Tengah Pandemi Lewat Peringatan Sumpah Pemuda


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

TAHUN ini Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh pada 28 Oktober 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Hari Sumpah Pemuda dikenang untuk memberikan inspirasi bagi masyarakat, khususnya para pemuda, bahwa dari zaman ke zaman anak muda Indonesia selalu dihadapi dengan berbagai tantangan, termasuk pandemi covid-19 yang sedang melanda Tanah Air.

“Tapi kita selalu bersatu dan menghasilkan yang terbaik untuk bangsa, tidak terkecuali dalam masa pandemi ini,” kata Nadiem dalam Peringatan Sumpah Pemuda ke-92 Bersatu dan Bangkit SMK Berkarya untuk Negeri, Selasa (27/10).

Baca juga: Kembangkan Potensi Anak Muda Melalui Wadah yang Tepat

Nadiem mengungkapkan, dalam setahun terakhir lebih dari 272 ribu kerja sama telah terjalin antara SMK dengan dunia usaha dan industri serta lebih dari 160 ribu industri dan 87 bidang usaha menjadi mitra SMK. Dia pun berharap komitmen menghadirkan relevansi antara dunia pendidikan dan dunia kerja dapat menjadi penyemangat para pemuda untuk terus berkarya.

“Saya berharap ibu dan bapak guru serta seluruh siswa-siswi dan alumni SMK dapat selalu bersama Kemendikbud menghasilkan solusi atas semua permasalahan dan tantangan yang dihadapi,” tuturnya.

Nadiem berpesan agar pelajar SMK selalu semangat dalam belajar dan berkarya serta semangat untuk pulih dan bangit dari dampak pandemi covid-19.

“Tunjukkan kepada semua bahwa pelajar SMK adalah pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, kreatif, global dan mampu bergotong-royong. Buktikan kepada semua bahwa pelajar SMK mampu bekerja keras, kerja cerdas dan berdaya saing,” tandasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT