27 October 2020, 13:12 WIB

Terumbu Karang Berbentuk Mirip Virus Korona Ditenggelamkan


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MEMPERINGATI hari Sumpah Pemuda ke-92, Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Gubernur Bable Erzaldi Rosman Djohan bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menenggelamkan batu karang berbentuk seperti virus korona ke perairan laut Pulau Ketawai Bangka Tengah. Penenggelaman terumbu karang bersimbol virus korona tersebut dengan harapan pandemi covid-19 di Indonesia khususnya Babel segera berakhir.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang menjadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda dari Sabang sampai Merauke bersatu menyatakan ikrar dan menggelorakan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Namun di masa pandemi ini, menurutnya bangsa Indonesia bersama para pemuda bersatu agar selalu waspada dan menjaga diri dengan memerangi virus korona sembari menjaga kelestarian lingkungan demi kehidupan yang berkelanjutan.

"Saya memberikan apresiasi kepada para pemuda, khususnya pemuda KNPI Bangka Belitung atas inisiatifnya melakukan pelestarian lingkungan dengan menenggelamkan terumbu karang bentuk virus korona ke dalam laut di Pulau Ketawai ini," kata Erzaldi, Rabu (27/10).

Ia berharap aksi positif semacam ini juga dapat ditularkan kepada para pemuda lainnya dan memotivasi mereka lebih baik melalui karya dan kreasi demi kemajuan negeri.

"Saya, dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-92 ini mengajak para pemuda khususnya pemuda di Babel mari kita berkarya, berkreasi, berinovasi untuk memajukan negeri kita ini. Agar kita menang melawan pandemi virus korona," ujarnya.

Ketua DPD KNPI Bangka Belitung, Muhamamd Irham menambahkan sebagai provinsi kepulauan identik dengan kelautan, KNPI menginisiasi membuat terumbu karang berbentuk mirip virus covid-19.

"Karena provinsi kita indentik dengan kelautan, maka kami membuat terumbu karang yang mirip dengan bentuk virus covid-19. Ini mengambil filosofi agar virus covid segera tenggelam dan kita kembali ke era normal," kata Irham.

"Kami menenggelamkan sebanyak 92 butir terumbu karang buatan sesuai dengan usia Sumpah Pemuda ke-92," lanjutnya.

baca juga: BNNP Riau Gagalkan Penyelundupan Sabu 19 Kg
 
Ketua DPP KNPI, Haris Pertama mengapresiasi KNPI Babel yang kompak dengan pemerintah dan Forkopimda di Babel.

"Semangat pemuda Indonesia tercermin di hari sumpah pemuda. Kita bisa lihat semangat pemuda bersama dengan pemerintah daerah terutama menghilangkan covid-19 dari Indonesia. Simbolisasi yang dilakukan DPD KNPI Babel, menjadi semangat bagi pemuda Indonesia," kata Haris.(OL-3)


 

BERITA TERKAIT