27 October 2020, 08:31 WIB

Pohon Tumbang Rusak Sejumlah Rumah di Depok


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

POHON tumbang terjadi di sejumlah lokasi dan merusak rumah warga di Kota Depok.

Berdasarkan penelusuran di lapangan dan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, pohon tumbang terjadi di sejumlah lokasi. Diantaranya di Jalan Kavling/Jambore RT 002 RW 06 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis.

Sebuah pohon besar dengan tinggi 10 meter tumbang dan merusak pagar perumahan Vila Permai 5. Pohon tumbang tersebut juga merusak rumah salah satu warga, Bambang, serta gerobak pedagang bakso dan mie ayam. Tidak ada korban jiwa akibat pohon roboh tersebut.

Ramin, pedagang bakso dan mie ayam, mengatakan pohon tumbang yang secara mendadak terjadi pada Senin (26/10) pukul 19.00 WIB.

"Pohon roboh saat hujan lebat disertai kilat/petir. Secara tiba-tiba pohon besar disamping Perumahan Vila Permai 5 roboh dan langsung menimpa gerobak bakso dan mie ayam saya," katanya dihubungi Selasa (27/10) pagi.

Baca juga: Pohon Raksasa Tumbang Renggut 1 Jiwa dan 10 Luka Berat

Karena pohon menghalangi badan jalan, ujar Ramin, warga sekitar dibantu pekerja proyek mengevakuasi pohon ke titik aman.

"Tak ada dari pihak Dinas Lungkungan Hidup dan Pertamanan (DLHK) Kota Depok yang datang ke lokasi," imbuhnya.

Sementara itu, pohon tumbang juga terjadi di RT 001 RW 11 Kelurahan Lewinanggung, Kecamatan Tapos, menimpa sebuah rumah milik Jumadi.

"Pagar dan atap rumah kami rusak tertimpa pohon tumbang, untungnya kami sekeluarga selamat," ucap Jumadi.

Kepala bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Romulo Hutauruk mengatakan ada sedikitnya tiga peristiwa pohon tumbang pasca-hujan lebat yang disertai angin kencang sepanjang Senin (26/10) malam di Kota Depok.

"Dari peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material yang hingga saat ini masih ditaksir," ungkapnya, Selasa (27/10).

Romulo mengingatkan warga untuk waspada dan segera menghindar dari potensi bencana jika terjadi angin kencang.

Seperti diketahui, hujan deras disertai angin kencang terjadi dari sore hingga malam pada Senin (26/10). Sejumlah ruas jalan di Kota Depok terendam banjir. Terparah di Jalan Jambore, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. Tinggi air sekitar 70 centimeter.(OL-5)

BERITA TERKAIT