27 October 2020, 05:05 WIB

Maybank Indonesia Raup Laba Bersih Rp1,1 T di Kuartal III


(Try/E-3) | Ekonomi

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia atau Bank) mengumumkan laba bersih setelah pajak dan kepentingan nonpengendali (PATAMI) sebesar Rp1,1 triliun per 30 September 2020. Laba ini tetap sama jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun, angka ini lebih besar bila dibandingkan dengan di kuartal II 2020 yang sebesar Rp809,7 miliar.

Pengelolaan biaya secara disiplin, disertai dengan pertumbuhan yang solid di bisnis syariah dan peningkatan pendapatan nonbunga membantu mengurangi dampak volatilitas, disrupsi pasar, dan total kredit yang lebih rendah sebagai akibat wabah covid-19.

President Director of Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan pandemi covid-19 telah memengaruhi kinerja industri perbankan. Pencapaian kinerja perseroan mencerminkan kondisi menantang yang dialami. Beberapa langkah yang diperlukan telah dan terus akan ditempuh untuk mencegah dampak lebih lanjut dari situasi sekarang.

"Kami akan terus mengambil langkah untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut terhadap portofolio kami dari gangguan pandemi. Sementara pada saat yang sama kami mencoba meraih peluang bisnis melalui layanan digital banking yang kini mulai menunjukkan hasil yang positif. Kami akan tetap waspada atas kualitas aset dengan prudent dan pendekatan manajemen risiko yang ketat dengan mencari solusi untuk keberlanjutan bisnis nasabah," kata Taswin melalui rilis kemarin.

Laba sebelum pajak (PBT) Bank terkontraksi sebesar 6,1% menjadi Rp1,5 triliun. Hal serupa juga terjadi pada pendapatan nonbunga Bank yang turun sebesar 7,1% menjadi Rp1,7 triliun per September 2020.

Tahun lalu, Bank menyertakan pendapatan one-off dari penyelesaian arbitrase domestik sebesar Rp101,0 miliar dan pendapatan terkait pajak sebesar Rp68,7 miliar.

Sejalan dengan itu, pendapatan nonbunga rutin untuk kuartal III 2020 meningkat sebesar 2,2% terutama berasal dari fee terkait global market, bancasurrance, investasi, dan transaksi e-channel. (Try/E-3)

BERITA TERKAIT