26 October 2020, 22:30 WIB

BNPT Ajak Milenial Cegah Penyebaran Paham Radikal


Antara | Humaniora

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengajak generasi muda, terutama para pegiat dunia maya, untuk bersama-sama mencegah penyebaran paham radikal terorisme melalui dunia maya, termasuk yang ada di lingkungan sekitarnya.

Generasi muda diharapkan untuk terus berperan dalam menebarkan narasi-narasi perdamaian, kata Boy Rafli saat menjadi narasumber pada sesi talkshow dengan mengambil tema 'Pemuda, Media Sosial, dan Sumpah Pemuda' dalam acara Ikrar Kebangsaan Duta Damai Dunia Maya BNPT bersama pelajar dan mahasiswa se-Malang Raya yang berlangsung di The Singhasari Resort, Batu, Jawa Timur, Senin (26/10).

“Di era digitalisasi ini sebagian besar paham radikal terorisme itu muncul di media sosial. PMD (Pusat Media Damai) BNPT dan Duta Damai Jawa Timur harus terus membuat narasi-narasi tentang perdamaian dalam bentuk tulisan dan gambar melalui dunia maya sehingga informasi itu dapat tersampaikan secara luas kepada pemuda Indonesia,” kata Boy Rafli.

Dia mengatakan fungsi literasi digital menjadi penting, karena generasi milenial hampir semuanya menggunakan media sosial, sehingga pemuda juga bisa membuat informasi dalam mencegah hoaks dan penangkal paham radikal terorisme.

“Wajib bagi kita yang lahir di Indonesia ini untuk menjaga dan mencintai bangsa ini. Apalagi sebagai pemuda bangsa harus hebat dalam mencari ilmu dan memiliki semangat nasionalisme untuk menangkal masuknya paham radikal terorisme tersebut ke generasi muda,” ujar mantan Waka Lemdiklat Polri ini.


Baca juga:  Jokowi Minta Harga Vaksin Mandiri Terjangkau


Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kepada generasi muda terutama para pelajar dan mahasiswa yang ada di kawasan Malang Raya untuk bersikap bijak dalam menggunakan media sosial.

“Tentunya kami mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya generasi muda untuk menggunakan media sosial secara bijak,” ujar Dewanti.

Seperti diberitakan, kegiatan talkshow acara Ikrar Kebangsaan Duta Damai Dunia Maya BNPT Jawa Timur ini dihadiri narasumber lainnya yaitu influencer yang juga penulis buku dari Malang Raya, Lintang Pandu Pratiwi .

Acara yang dihadiri sekitar 75 pelajar dan mahasiswa se-Malang Raya ini juga dihadiri jajaran Forkopimda Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang.

Para pejabat BNPT yang turut hadir dalam acara ini yaitu Sekretaris Utama Untung Budiharto, Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Hendri Paruhuman Lubis, Direktur Pencegahan Ahmad Nurwahid, Direktur Deradikalisasi Irfan Idris, dan Kepala Biro Umum Fanfan Infansyah. (OL-15)

BERITA TERKAIT