27 October 2020, 01:05 WIB

Baru Umur Tiga Bulan, Penjualan Album Taylor Swift Lewati 1Juta


Bagus Pradana | Weekend

Album teranyar Taylor Swift, Folklore, menjadi album pertama yang mencetak rekor penjualan di atas 1 juta kopi di AS pada tahun ini. 

Dilansir dari bbc.co.uk, Senin (26/10), album kedelapan dari penyanyi yang memulai karier dari musik country itu, ia rekam selama masa lockdown dan dirilis sebagai kejutan untuk penggemar pada akhir Juli lalu.

Album tersebut diperkirakan akan meraih banyak nominasi pada ajang Grammy bulan depan.

Menurut Billboard, Folklore terjual 57.000 kopi di AS pada minggu lalu saja, sehingga total penjualannya menjadi 1,038 juta terhitung sejak pertama dirilis.

Capaian itu terbilang luar biasa di era streaming ini, ketika penjualan 'artefak' macam CD dan vinyl kian menurun. Yang lebih luar biasa lagi, Swift juga menjadi satu-satunya artis dengan penjualan album di atas satu juta kopi pada 2019 lewat Lover. 

Salah satu strategi Swift ialah pemasaran konvensional dengan menjual CD bertandatangannyandi toko online-nya seharga US$25 (atau setara dengan Rp.367.500,-).

Melalui sebuah kicauan di Twitter pribadinya, Taylor Swift membercandai penggemarnya sembari memberikan kejutan kepada mereka.

"Bersamaan dengan CD yang ditandatangani ini, beberapa pembeli yang beruntung dari barang-barang ini mungkin akan menerima bulu kucing gratis yang tersangkut di bungkus album ini," tulis kekasih aktor Joe Alwyn itu.

"Atau aroma aromatik anggur putih kadang tumpah saat aku menandatanganinya," kelakar Swift.

Pertengahan September lalu, pelantun Cardigan (2020) ini juga berhasil melampaui Whitney Houston dalam tangga lagu Billboard 200 - dengan total 47 minggu berada di puncak. Sementara Houston hanya mampu membubuhkan 46 minggu, di peringkat kedua. Peringkat ketiga Billboard masih kokoh diisi oleh penyanyi berdarah Inggris, Adele dengan 34 minggu. (M-2) 

BERITA TERKAIT