26 October 2020, 20:50 WIB

Pemain Persija Jalani Latihan Mandiri


Widhoroso | Sepak Bola

PERSIJA Jakarta masih belum kembali melangsungkan latihan bersama. Keputusan tersebut diambil karena sampai sekarang tidak ada kepastian lanjutan Liga 1 musim ini kapan dimulai.

Sejak pekan lalu, Persija sudah tidak menggelar latihan bersama. Para pemain Macan Kemayoran diberikan jatah libur. Setelah seminggu libur, pekan ini skuad Persija diminta untuk berlatih mandiri. Ismed Sofyan dan kawan-kawan wajib menjalankan materi yang diberikan tim pelatih.

"Hasil diskusi dengan tim pelatih, maka latihan mandiri selama empat hari ke depan adalah hal yang paling cocok dilakukan saat ini," kata manajer Persija Bambang Pamungkas dikutip laman resmi klub, Senin (26/10).

"Program latihan ini juga telah Persija lakukan saat PSBB diberlakukan di Jakarta beberapa bulan lalu. Namun tim dipastikan akan segera berkumpul andai ada perkembangan positif terkait status lanjutan liga," Bambang menambahkan.

Sosok yang karib disapa Bepe tersebut menilai latihan mandiri yang dilakukan tidak bakal membuat kondisi fisik pemain menurun drastis. Ia meyakini penggawa Persija sudah paham dengan cara menjaga kebugarannya secara baik.

"Program latihan mandiri tersebut melibatkan pelatih kepala, pelatih fisik, pelatih kiper hingga dokter dari sisi kesehatan. Tidak ada kekhawatiran atas kembali ditundanya latihan bersama, karena sejauh ini para pemain telah menunjukkan profesionalismenya," ucapnya.

Lanjutan Liga 1 musim ini memang masih buram. Kepolisian Republik Indonesia, bersikukuh enggan menerbitkan izin keramaian karena belum berakhirnya pandemi virus corona dan bakal diadakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Padahal, seluruh klub sudah bersepakat lanjutan Liga 1 musim ini dilaksanakan 1 November mendatang. Hanya saja, bila izin dari Kepolisian Republik Indonesia tidak keluar maka kompetisi tak dapat digelar sesuai rencana.

PSSI telah menyiapkan antisipasi. Lanjutan Liga 1 musim ini bakal dilangsungkan pada Desember atau Januari dengan mengubah format menjadi dua wilayah seperti beberapa tahun yang lalu.

Sebelum Liga 1 musim ini dihentikan pada pertengahan Maret lalu, Persija sudah bermain dua kali. Hasilnya, pasukan Sudirman tersebut meraih satu kemenangan dan satu imbang sehingga sekarang menduduki peringkat sembilan dengan koleksi empat angka. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT