26 October 2020, 19:08 WIB

Gempa Pangandaran Rusak Puluhan Rumah di Ciamis


Kristiadi | Nusantara

GEMPA berkekuatan magnitudo 5,9 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu (25/10) menyebabkan 65 rumah di Ciamis mengalami kerusakan. Kerusakan rumah tersebut tersebar di 10 kecamatan dan tiga orang warga mengalami luka setelah getaran terjadi.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Memet Hikmat, Senin (26/10). Memet mengatakan, puluhan bangunan tersebut mengalami kerusakan mulai dari ringan hingga berat.

"Untuk kerusakan rumah di Kabupaten Ciamis tersebar di Kecamatan Lakbok, Banjarsari, Purwadadi, Pamarican, Ciamis, Tambaksari, Sadananya, Cimaragas, Banjaranyar, Baregbeg, Pamarican dan Purwadari. Sedangkan, untuk di Kecamatan Pamarican terdapat 38 rumah rusak dan Kecamatan Purwadadi terdapat 12 unit rumah yang rusak akibat gempa bumi," ujarnya.

Menurutnya, secara umum kerusakan yang terjadi berdasarkan di Kelurahan Linggsari, Kecamatan Ciamis, satu rumah warga rusak berat dan kondisinya sudah dibongkar oleh warga sekitar karena tidak bisa lagi ditempati dan penghuninya sementara ini diungsikan ke rumah keluarganya.

"Bencana alam yang terjadi, pemerintah telah menyalurkan bantuan logistik berupa beras dan mie instan bagi para korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan. Sedangkan, petugas dibantu Taruna Siaga Bencana, Polisi dan TNI masih terus melakukan pendataan bangunan rumah rusak yang disebabkan dari gempa," paparnya. (R-1)

BERITA TERKAIT