26 October 2020, 18:06 WIB

Puncak Arus Mudik Libur Panjang Diprediksi Mulai Besok


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

KAKORLANTAS Irjen Istiono, memprediksi bahwa puncak arus mudik libur panjang akan dimulai pada Selasa (27/10) siang.

"Prediksinya besok siang, sehabis salat Zuhur pukul 12.00 WIB, masyarakat sudah mulai berjalan," ujar Istiono, Senin (26/10).

Istiono mengemukakan arus mudik akan mulai dipenuhi kendaraan pada area jalan tol dan arteri dari Jabodetabek.

"Baik yang menuju Jawa maupun yang ke Sumatera. Arus balik juga kemungkinan tanggal 31 Oktober nanti," paparnya.

Terkait penerapan SOP protokol kesehatan di terminal, Istiono melihat baik sopir maupun penumpang telah mempraktekkan prokes secara benar.

Kesadaran terhadap kesehatannya sudah cukup lumayan tinggi, cukup bagus, nggak perlu ditegur- tegur lagi, nggak perlu disampaikan-sampaikan secara detil, karena pesan-pesan dan kontrol dari petugas sudah jelas," ujarnya.

Istiono menyebut baik penumpang maupun sopor di terminal Bantar Gebang rata-rata sudah menggunakan masker dan jaga jarak.

"Penumpang yang harusnya 30 orang jadi hanya 15 orang. Ini sangat bagus, dan sopirnya tadi saya cek juga sopir bergantian," ungkapnya.

Misalnya, Istiono mencontohkan, bus menuju Malang, sopirnya nanti bergantian di Brebes.

"Termasuk di Aceh, di Aceh ini tadi kita cek juga banyak memang dari Jakarta menuju Aceh aplusan dua kali, juga begitu. Protokol kesehatan juga sudah dipenuhi," ucap Istiono.

Sementara itu, Istiono tetap mengimbau agar masyarakat dalam waktu libur panjang ini tetap berada di rumah dengan liburan sehat.

"Imbauannya adalah liburan sehat, liburan tertib, liburan di rumah saja atau di lokasi itu saja jangan kemana-mana hindari kerumunan. Misalnya di pantai berkerumun banyak orang, misalnya di tempat reunian," terangnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT