26 October 2020, 13:15 WIB

3 Terluka dan Puluhan Rumah Rusak karena Gempa Pangandaran M=5,9


Zubaedah Hanum | Humaniora

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat melaporkan adanya kerusakan sejumlah rumah pascagempa berkekuatan 5,9 pada pukul 07.56 WIB, Minggu (25/10) pagi, yang berpusat di kedalaman 10 km arah 90 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Data itu yang berhasil dicatat BPBD hingga pukul 16.00 WIB, Minggu (25/10). BPBD Jabar merilis lokasi terdampak gempa berada di lima wilayah, yakni Kabupaten Pangandaran sebanyak 4 kecamatan, 4 desa; Kabupaten Ciamis 6 kecamatan, 7 desa; Kabupaten Tasikmalaya 4 kecamatan, 4 desa; Kabupaten Garut 1 kecamatan, 1 desa; dan Kota Tasikmalaya.

Akibat gempa, sebanyak 5 rumah rusak ringan di Pangandaran; 13 rumah rusak sedang dan ringan (Ciamis), 7 rumah rusak ringan (Kabupaten Tasikmalaya); 1 rumah rusak berat (Garut); 2 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang (Kota Tasikmalaya).

BPBD melaporkan, tiga orang luka ringan karena gempa ini. Korban luka sudah dilarikan ke klinik terdekat. "Mereka 2 orang di Ciamis dan 1 orang di Kota Tasikmalaya," tulis BPBD dalm keterangannya.

Saat ini, BPBD Provinsi Jawa Barat terus berkoordinasi dan memantau kondisi terkini terhadap seluruh Kab/Kota terdampak. Selain itu, BPBD Kab/ Kota masih melakukan assesment ke lokasi-lokasi kejadian sambil memberikan himbauan kepada warga setempat agar selalu waspada dan siaga karena di lokasi juga saat ini sedang turun hujan

BMKG mencatat, guncangan gempa bumi pada 25 Oktober 2020 pagi terasa hingga ke Sukabumi, Tasikmalaya, dan Pangandaran dengan intensitas III-IV MMI, di Cilacap, Kuningan, Garut, dengan intensitas III MMI, serta di Kab. Bandung, Banyumas, Kutoarjo, Kebumen, Banjarnegara, Kulonprogo, Bantul, Gunung Kidul, Yogyakarta, dan Bandung dengan intensitas II-III MMI.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, guncangan gempa itu mengejutkan warga di Jawa Barat. Mereka sempat berlarian berhamburan keluar rumah karennya. (H-2)

 

 

BERITA TERKAIT