26 October 2020, 11:40 WIB

Marc Marquez Semangati Alex Pascainsiden di GP Teruel


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

SETELAH sukses naik podium berturut-turut pada dua balapan sebelumnya, Rookie Repsol Honda Alex Marquez harus menelan pil pahit setelah terjatuh saat ia berada di urutan keempat di GP Teruel.

Adik juara dunia Marc Marquez itu tampil kencang pada paruh pertama kompetisi. Dia berhasil start dari P10 hingga menyodok ke peringkat empat.

Berbekal dua finis sebagai runner-up beruntun, yakni di Grand Prix Prancis dan Grand Prix Aragon, Alex ingin menjaga momentum pembuktian diri.

Baca juga: Nakagami Akui Gagal Atasi Tekanan di GP Teruel

Kesabaran Alex diuji setelah melihat Joan Mir yang start dari P1, menyalip dirinya dan Johann Zarco untuk mengejar dua pembalap terdepan.

Alex pun sadar harus mengatasi Zarco agar tidak kehilangan waktu. Namun, di lap ke-14, pembalap tim Repsol Honda justru terjatuh.

"Mungkin seharusnya aku bisa berjuang untuk tempat ketiga di podium dengan Mir, tapi kemudian saya membuat kesalahan. Saya harus belajar darinya. Itu adalah kesalahan nyata pertama saya dalam balapan," ucap Alex.

Dikatakan Alex, setelah kejadian di GP Teruel, Marc telah menghubunginya dan mengatakan dia bangga dengan apa yang telah Alex lakukan dan meminta Alex untuk bangga dengan performanya kali ini.

"Marc mengatakan kepada saya bahwa saya harus bangga dengan penampilan saya. Karena, menurutnya, saya melakukan kesalahan itu ketika saya berjuang untuk mempertahankan podium, itu yang paling penting," tuturnya.

Sementara itu, terkait balapan selanjutnya yang akan digelar di Valencia, Alex mengatakan banyak hal yang harus dipersiapkan.

"Untuk gaya mengemudi saya, trek tidak sebagus di Aragon sehingga motornya harus bagus. Selain itu juga akan ada banyak hal yang akan tergantung pada cuaca disana, apakah itu kering atau basah," tuturnya.

"Kami juga perlu menetapkan tujuan yang realistis, sepeti 10 besar. Saya belum bisa untuk berambisi merebut podium pada tiap trek, yang saya tahu saya telah membalap dengan baik di tiga lintasan balap berturut-turut," tukasnya. (Speedweek/OL-1)

BERITA TERKAIT