26 October 2020, 11:03 WIB

Ketua DPRD DKI Imbau Warga Tetap Disiplin Jalankan Prokes


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi merepons perpanjangan masa PSBB Transisi jilid 2 yang ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Kemarin, Minggu (25/10), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memperpanjang PSBB Transisi hingga 8 November mendatang. Keputusan itu diambil guna mengantisipasi kenaikan jumlah kasus covid-19, meski di DKI Jakarta, jumlah kasus baru kian landai.

Pras, sapaan akrab Prasetio, meminta momen PSBB Transisi yang diperpanjang tidak membuat masyarakat mengendurkan kedisiplinan dan meningkatkan mobilitas di luar rumah. Sebab, ancaman wabah covid-19 masih ada.

Baca juga: Pelanggaran Protokol Kesehatan di DKI Menurun

"Saya meminta seluruh warga Jakarta untuk tetap di rumah saja jika tidak ada urusan yang sangat penting. Jika terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja ataupun berkegiatan, yang penting harus menerapkan disiplin protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19," kata Pras.

Menurutnya, menunda liburan maupun pulang ke kampung halaman selama pandemi patut dilaksanakan demi mencegah diri sendiri menjadi pembawa virus bagi keluarga tersayang di kampung asal.

"Saya juga mengimbau kepada semuanya untuk menunda berlibur untuk piknik ataupun mudik. Mari manfaatkan libur panjang ini dengan kegiatan positif di rumah sebagai upaya bersama memutus rantai penyebaran penularan covid-19," ujar politikus PDIP itu.

Di sisi lain, ia menyatakan kegembiraannya karena kasus covid-19 di Jakarta melandai.

"Alhamdulillah, jumlah kasus aktif covid-19 di DKI Jakarta relatif turun sejak dua pekan terakhir. Tercatat hanya pada 12 Oktober naik 63 kasus, pada 16 Oktober naik 39, dan 20 Oktober naik 96 kasus.  Selebihnya, dari awal PSBB Transisi diberlakukan, kasusnya turun. Kemarin, Minggu (25/10), kasus aktif turun 469, kasus positif bertambah 771, dan 11 orang meninggal," jelasnya.

Ia pun berharap masyarakat tetap teguh dan disiplin menerapkan prokes di manapun dan kapanpun.

"Tolong tetap disiplin sambil menunggu vaksin tersedia dan pandemi berakhir. Selalu ingat dan jadikan 4 M sebagai kebiasaan sehari-hari. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT