26 October 2020, 10:29 WIB

Djokovic Incar Rekor Peringkat Satu Dunia Milik Sampras


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS Serbia Novak Djokovic memburu kemenangan di Wina Terbuka, untuk menyamai rekor sepanjang masa milik idola masa kecilnya, Pete Sampras, sebagai petenis nomor satu dunia di akhir tahun sebanyak enam kali.

Pemain berusia 33 tahun itu, saat ini, telah lima kali menjadi pemain peringkat teratas dunia di akhir musim, yakni pada 2011, 2012, 2014, 2015, dan 2018.

Sementara Sampras mencapai prestasi tersebut selama enam tahun berturut-turut sejak 1993, 1994, 1995, 1996, 1997, dan 1998.

Baca juga: Zverev Juara di Turnamen ATP di Cologne

"Sampras adalah idola masa kecil saya dan akan luar biasa dapat menyamai rekornya dengan menjadi petenis nomor satu dunia pada akhir musim sebanyak enam kali," ucap Djokovic.

Tidak hanya itu, Djokovic juga berambisi mengalahkan rekor terbaik milik Roger Federer yang pernah bertahan selama 310 minggu di puncak peringkat. Pada saat ini, Djokovic memulai pekan ke-292 sebagai petenis nomor satu dunia

Dia membutuhkan waktu untuk bertahan di posisi puncak hingga awal Maret 2021, untuk mematahkan rekor milik Federer.

"Itu tujuan besar saya untuk mencapai itu semua dan itu adalah sesuatu yang sedang saya upayakan," ujar Djokovic.

"Saya berharap itu terjadi pada Maret. Tapi, mari kita lihat. Begitu banyak hal tidak terduga dapat terjadi dan banyak hal berubah dari minggu ke minggu," sambungnya.

Kembali bermain di Wina setelah kemenangannya pada 2007 lalu, Djokovic akan bertemu rekan senegaranya, Filip Krajinovic, di putaran pertama.

"Saya berlatih dengab Filip selama beberapa hari di Beograd sebelum datang ke sini dan kami bercanda bahwa kami mungkin akan bermain imbang," sebutnya.

"Kami adalah teman baik. Dia orang yang sangat berbakat. Lapangan keras adalah permukaan yang dia sukai. Dia bisa bermain tenis dengan sangat cepat. Kami memiliki permainan serupa karena kami tumbuh bersama," tukasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT