26 October 2020, 03:45 WIB

Inovasi Pariwisata di Pariaman Berbuah Penghargaan


Ghani Nurcahyadi | Nusantara

SEJUMLAH inovasi terkait pariwisata yang dilakukan Kota Pariaman, Sumatera Barat, mendapatkan apresiasi dalam malam Anugerah Best Inspiring Profesional Award Winner 2020 yang digelar akhir pekan lalu. 

Dalam malam apresiasi itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono mendapatkan penghargaan Best Leadership dan Professional kategori Pariwisata. Selain Dwi, puluhan pemenang lain juga diumumkan di untuk kategori fesyen, kesehatan, estetika, hukum, sosial, dan startup. 

"Alhamdulillah ternyata apa yang kami lakukan bersama teamwork mendapatkan pengakuan & reward dari lembaga independen (Majalah Penghargaan Indonesia )" ungkap Marhen usai menerima penghargaan  seperti dalam keterangan tertulisnya.

Dalam mengembangkan Pariwisata, Kota Pariaman setidaknya melakukan tiga hal penting yang dianggap layak untuk meraih penghargaanm. Pertama, terbentuknya tim kreatif yang menyiapkan konten menarik soal pariwisata dan ekonomi kreatif Pariaman setiap hari untuk diunggah di media sosial. 

Baca juga : Ke Yogya Dalam Kondisi Tidak Fit? Bersiap Dihukum Menyapu Jalan

Kedua, kota Pariaman juga melibatkan publik dalam promosi Pariwisata di daerahnya melalui lomba video.kreatif antar-desa/kelurahan yang menonjolkan kearifan lokal masing-masing wilayah di Pariaman. Ketiga, melibatkan seluruh instansi melalui ajang Visit Wisata yang dilakukan setiap hari Jumat dengan bersepeda. 

"Kami melaksanakan Gotong-Rotong di destinasi yg dituju (bergantian setiap Jumat dan berdiskusi mendengarkan aspirasi dari pelaku pariwisata," ujar Marhen. 

Marhen berharap, penghargaan itu bisa menjadi tambahan energi dan semangat seluruh masyarakat Pariaman untuk lebih mengembangkan potensi daerah. Di sisi lain ia menegaskan, Kota Pariaman juga menerapkan dengan ketata protokol kesehatan di tempat wisata selama pandemi Covid-19 demi keamanan dan kenyamanan semua pihak. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT