25 October 2020, 22:43 WIB

Prediksi BMKG, Berawan Hingga Hujan Dua Hari Mendatang


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempredikasi kondisi cuaca didominasi berawan hingga hujan pada dua hari mendatang.

Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Seperti, puting beliung dan hujan lebat disertai kilat. Berikut dampak yang dapat ditimbulkan, yaitu banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Baca juga: Waspadai La Nina, BMKG: Ada Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Dikutip dari laman resmi BMKG, Minggu (25/10), terdapat sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Senin (26/10). Di antaranya, Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kemudian, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan dan dapat disertai kilat serta angin kencang ialah Sumatera Barat, Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Maluku.

Baca juga: KPU: Faktor Cuaca Jadi Tantangan Pilkada 2020

Adapun pada Selasa (27/10), cuaca didominasi cerah, namun terdapat hujan ringan hingga lebat di beberapa daerah. Untuk hujan ringan sampai sedang, yaitu Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung dan Semarang.

Selanjutnya, Pontianak, Samarinda, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Makasar, Padang dan Medan. Di lain sisi, daerah yang mengalami hujan lebat adalah Yogyakarta dan Mamuju.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT