25 October 2020, 18:50 WIB

Ke Yogya Dalam Kondisi Tidak Fit? Bersiap Dihukum Menyapu Jalan


Ardi Teristi | Nusantara

WAKIL Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata di Yogyakarta diminta memastikan diri mereka sehat sebelum melakukan perjalanan.

"Yakinkan diri bahwa Anda sehat, tidak ada gejala sakit, atau gejala Covid-19," pesan Heroe, Minggu (25/10).

Wisatawan juga diminta memastikan diri tidak mempunyai kontak erat dengan orang positif Covid-19 atau tempat yang sebaran covidnya masih tinggi atau zona merah.

Heroe menyatakan, kesehatan diri itu penting karena dapat melindungi teman atau keluarga yang akan berlibur bersama maupun yang akan dikunjungi. "Untuk meyakinkan kesehatan, periksalah dengan rapid test atau swab sehingga dalam perjalanan ini semua nyaman dan aman," pesan dia.

Ia menegaskan Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, selama ini sudah menciptakan kondisi aman dan nyaman dengan melakukan pemeriksaan terhadap hotel, restoran, kafe, destinasi wisata atau layanan umum dan ekonomi lainnya. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan secara baik di lingkungannya. "Itu adalah upaya menjaga dan melindungi masyarakat dan pelaku usaha," kata dia.

Secara periodik, Satgas Covid 19 bersama kepolisian dan TNI juga melakukan operasi pengaman yustisi protokol Covid-19. Tim gabungan tersebut memberikan teguran atau menindak pelaku usaha atau warga yang tidak menjalankan protokol Covid-19.

Bagi yang ditindak, sanksinya bisa teguran, sangsi sosial, ataupun denda Rp100 ribu. "Tentu Anda tidak ingin membuat kenangan kena  sanksi sosial harus menyapu jalan ketika berlibur di Yogya," pungkas Heroe. (R-1)

BERITA TERKAIT