25 October 2020, 18:01 WIB

Waspada Klaster Liburan, DKI Harus Awasi Simpul Transportasi


Hilda Julaika | Humaniora

PENGAMAT kebijakan publik Agus Heruanto menyoroti potensi adanya klaster liburan lantaran akhir Oktober ini ada libur panjang. Hal ini membuat sejumlah titik transportasi dan wisata perlu diawasi dengan ketat.

"Yang perlu diwaspadai adalah liburan panjang pekan depan ini, jangan sampai memunculkan klaster wisata dan klaster mall," kata Agus saat dikonfirmasi, Minggu (25/10).

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta dan pemimpin daerah lainnya perlu mengawasi titik transportasi. Karena menjadi tempat-tempat yang dilalui oleh warga yang melakukan mobilisasi. Selain itu, sejumlah titik seperti kawasan kuliner da mal juga harus mendapatkan perhatian khusus.

"Saya khawatir soal klaster mobilitas. Maka Pemprov harus ketat mengawasi di transportasi dan media pemberhentiannya (bandara, terminal, pelabuhan, stasiun KA),"jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI pun mengingatkan adanya hari libur mulai 28 Oktober-1 November 2020 mendatang. Momen ini membuat aktivitas warga di luar rumah menjadi meningkat. Gubernur Anies Baswedan pun sudah mengingatkan warga untuk tetap di rumah. Terkecuali ada kepentingan yang mendesak. (R-1)

BERITA TERKAIT