25 October 2020, 17:40 WIB

Epidemiolog Sarankan Vaksin Influenza saat Musim Penghujan


Atalya Puspa | Humaniora

Epidemiolog dari Universitas Airlangga Laura Navika Yamani mengungkapkan, masyarakat harus melakukan antisipasi terkait adanya musim penghujan. Pasalnya, virus akan semakim cepat menyebar saat cuaca lembab dan dingin.

"Tingkat prevalensi virus mulai dari influenza hingga lainnya di musim dingin lebih tinggi. Kenapa? Karena suhunya rendah, sehingga virus ini mudah untuk bertahan, dan kemungkinan penyebaran semakin luas akan tinggi pula," kata Laura kepada Media Indonesia, Minggu (25/10).

Baca juga: 253 Petugas Medis Wafat Akibat Covid-19

Dengan adanya pandemi covid-19, Laura menyarankan agar masyarakat lebih berhati-hati dengan semakin ketat dalam menjaga kekebalan tubuh.

"Ini saatnya untuk mengharuskan masyarakat agar vaksin influenza," imbuhnya.

Pasalnya, diharapkan dengan vaksin influenza diharapkan masyarakat dapat kebal dari virus influenza. Selain itu, kondisi tubuh juga tidak akan memburuk apabila terjadi koinfeksi covid-19.

"Apalagi influenza sudah airbone. Kemungkinan juga bisa tertular covid-19. Karenanya, vaksin influenza dibutuhkan agar mencegah influenza dan mengantisipasi terjadinya perburukan apabila terjadi koinfeksi," tandasnya. (H-3)
 

BERITA TERKAIT