25 October 2020, 16:29 WIB

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Libur Panjang


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menyiapkan rekayasa lalu lintas mengantisipasi kepadatan kendaraan selama puncak arus mudik libur panjang pada akhir Oktober.

"Jadi kita sudah mengantisipasi dengan mempersiapkan pola-pola yang kita siapkan untuk mengantisipasi kemacetan," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan, Minggu (25/10).

Rudy menuturkan polisi juga kemungkinan akan memberlakukan contra flow (lawan arus) di beberapa titik jalan. "Sudah kita siapkan, beberapa kali kita telah rapat dengan Jasamarga, Dishub, Tol, untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas," ungkap Rudy.

Rudy menjelaskan, bagi pemudik yang akan berangkat ke arah Jawa Tengah akan melalui jalur tol. Untuk tujuan ke Merak dan Lampung, Rudy mengatakan pihaknya mempersiapkan rekayasa lalu lintas. Selain itu, penyebrangan di antardermaga sudah diatur supaya tidak ada antrean mobil.

Untuk jalur ke Cileunyi menggunakan tol, Rudy menuturkan polisi akan menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 47 sampai KM 61. Pengalihan tersebut merupakan titik pertemuan antara tol elevated atas dengan bawah. Untuk jalur balik, polisi menyialkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 61 sampai ke 47. "Kalau masih padat hingga KM 28," ucap Rudy.

Ia menegaskan, tidak akan ada pembatasan jumlah kendaraan selama libur panjang meski dalam situasi pandemi covid-19. Namun, para pengendara harus menerapkan protokol kesehatan yang akan tetap diberlakukan dengan membatasi kapasitas rest area 50%. (R-1)

 

BERITA TERKAIT