25 October 2020, 15:45 WIB

5 Spot Diving Terbaik di Sulawesi


Indrastuti | Weekend

Indonesia memiliki banyak spot diving yang terkenal di dunia, di antaranya Raja Ampat, Bali, Pulau Gili, Pulau Komodo. Namun, spot diving di Pulau Sulawesi pun beragam tidak kalah dengan spot diving kelas dunia. 

Dilansir dari divein.com, berikut 10 titik selam terbaik di Sulawesi yang wajib dicoba diver:

  1. Taman Nasional Bunaken 

    Taman Nasional Bunaken merupakan satu di antara 10 destinasi menyelam terbaik di dunia. Lokasi ini sesuai untuk diver pemula hingga profesional.

    Ada banyak lokasi menyelam di kawasan taman nasional, namun di lokasi mana pun Anda menyelam, Anda akan menemukan tempat bawah laut yang unik dan menantang.

  2. Selat Lembeh 

    Ujung timur laut Sulawesi ini kaya akan situs bawah laut dan beragam makhluk air yang unik. Banyak  dokumenter National Geographic difilmkan di area ini menunjukkan makhluk aneh yang tinggal di perairan ini. Sepanjang penyelaman Anda akan melihat gurita, sotong flamboyan, udang harlequin, udang kerangka, nudibranch, beberapa spesies kuda laut, ikan kalajengking, dan ikan setan.

  3. Pulau Bangka

    Pulau ini berbeda dengan Pulau Bangka di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Bangka yang terletak di ujung utara Sulawesi ini merupakan lokasi penyelaman yang cukup terbuka dengan arus yang kuat yang sering berubah arah. 

    Arus deras ini berarti banyak nutrisi dibawa ke area ini sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk makro dan megafauna. Karena arus cukup kuat, lokasi ini lebih cocok bagi penyelam tingkat menengah dan ahli. 

  4. Taman Karang Wakatobi

    Kepulauan Wakatobi dianggap sebagai surga menyelam oleh scuba diver dari semua tingkatan. Karena letaknya yang cukup terpencil, terumbu karang dan keanekaragaman hayati di segitiga karang kawasan ini terjaga dengan baik.

    Taman karang terletak di pinggiran pasir yang mengalir setinggi 11 meter dalam cekungan besar berukuran 40 meter. Meskipun arus akan mengalir saat Anda turun, begitu Anda mencapai bagian dalam cekungan, Anda akan dilindungi oleh dinding dan dapat menyelam ke area yang tenang.

  5. Rumah Karang Wakatobi

    Disebut sebagai rumah terumbu karang terbaik di dunia, jika Anda menginap di Wakatobi Dive Resort, lokasi ini terletak hanya 20 meter. Begitu dekatnya, hingga Anda tidak perlu perahu untuk melihat makhluk yang hidup di terumbu karang. 

    Lokasi ini juga merupakan tempat yang fantastis untuk melakukan penyelaman malam. Siapkan penerangan, Anda bisa menyelamg dan melihat kehidupan laut yang tidak terlihat pada siang hari. (H-3)
     

BERITA TERKAIT