25 October 2020, 11:35 WIB

Klopp Kesal Liverpool Kembali Dirugikan VAR


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Liverpool Juergen Klopp mempertanyakan hukuman penalti yang diberikan wasit saat melawan Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (25/12) dini hari WIB. Klopp kesal karena timnya lagi-lagi dirugikan oleh Video Assistant Referee (VAR).

Wasit Mike Dean menghadiahi Sheffield United tendangan penalti pada menit ke-13. Dia mengubah keputusan dari sebelumnya yang hanya tendangan bebas setelah berkonsultasi dengan tim VAR atas insiden yang melibatkan Fabinho dan Oliver McBurnie di tepian kotak penalti Liverpool.

Petugas VAR menganggap Fabinho melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, sehingga The Blades –julukan Sheffield United– layak dihadiahi tembakan 12 pas.

Baca juga: Sempat Tertinggal, Liverpool Amankan Tiga Poin Kontra Sheffield

Penalti kemudian dieksekusi secara sempurna oleh Sander Berge untuk mengelabui kiper Liverpool, Alisson Becker. Skor 1-0 untuk keunggulan Sheffield.

“Bukan pelanggaran. Sekarang sudah pertandingan keenam musim ini, tiga di antaranya kami berada di sisi yang dirugikan keputusan semacam ini," kata Klopp dilansir laman resmi klub.

“Ini bukan soal ingin mendapat keuntungan, kami hanya tidak mau dirugikan, silakan Anda bayangkan sendiri," ujarnya.

Klopp sebelumnya juga pempertanyakan putusan VAR yang menganulir gol Jordan Henderson dalam Derby Merseyside melawan Everton, pekan lalu.

Protes lainnya juga dilontarkan terkait pengabaian petugas VAR atas jegalan kiper Everton Jordan Pickford yang membuat Virgil van Dijk naik meja operasi karena cedera lutut dan terancam absen hingga akhir musim.

Unggul satu gol membuat kepercayaan diri pemain Sheffield United meningkat. Namun, determinasi para pemain Liverpool berujung gol Roberto Firmino, empat menit jelang turun minum untuk menyamakan kedudukan.

Pada menit 64, Diogo Jota mencetak gol yang membawa The Reds berbalik memimpin. Atas kemenangan ini, Liverpool naik ke peringkat kedua dan menyamai pemuncak klasemen, Everton dengan raihan 13 poin. Sheffield semakin terpuruk setelah hanya mengumpulkan 1 poin dari 6 laga.

Di laga lain, Wilfried Zaha menjadi bintang kemenangan Crystal Palace saat mengalahkan Fulham 2-1.

Winger Pantai Gading menyumbang 1 gol dan 1 assist pada laga tersebut.

Palace unggul terlebih dulu lewat pemain keturunan Indonesia, Jairo Riedewald, usai memanfaatkan operan Wilfried Zaha pada menit ke-8, sebelaum Zaha sendiri menggandakan keunggulan Palace pada menit ke-64.

Sementara Fulham hanya mampu mencetak satu gol lewat Tom Cairney pada menit ke-90. Dengan raihan 3 poin, Palace naik ke peringkat ke-5 klasemen sementara. (OL-1)

BERITA TERKAIT