25 October 2020, 11:01 WIB

Timnas U-16 Janji Perbaiki Permainan


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIM nasional Indonesia U-16 kembali harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga uji coba kedua di Stadion Federasi sepak bola UEA, Dubai pada Sabtu (24/10) waktu setempat.

Meski kalah 0-4, pelatih timnas U-16 Bima Sakti mencoba melihat sisi positif yang dialami skuadnya.

Pada pertandingan pertama, Rabu (21/10) lalu,  timnas U-16 kalah 2-3.  Pada laga kedua, anak asuh Bima Sakti bertekad tampil lebih baik.

Namun, gawang Indonesia yang dijaga Raka Octa Bernanda justru kebobolan di menit ke-16 dan 26 di babak pertama melalui aksi Ahmed Moammed dan Abdulaziz Ali sehingga membuat UEA unggul 2-0 di paruh laga.

Baca juga: Kalah dari UEA, Bima Sakti Sebut Performa Timnas U-16 Membaik

Memasuki babak kedua, Bima Sakti melakukan rotasi pemain. Namun, permainan ofensif UEA tidak mampu dibendung Garuda Asia sehingga babak kedua timnas U-16 kembali kebobolan. Dua gol tuan rumah dicetak Sultan Adel pada menit-75' dan Ali Mohammed pada menit 79'. Timnas U-16  pun takluk 4-0.

Bima Sakti melihat adanya progres permainan bagi para pemain terlebih ini menjadi laga internasional perdana timnas pada 2020.

“Secara performa, anak-anak lumayan. Dalam arti mereka bermain dengan cara yang kami inginkan. Namun, tim banyak melakukan kesalahan di pertandingan ditambah kecerdikan tim lawan pada laga tadi dengan memanfaatkan free kick sehingga menyulitkan tim kami. Hal ini menjadi poin evaluasi yang harus diperbaiki,” kata Bima Sakti dilansir laman resmi PSSI, Minggu (25/10).

“Uji coba internasional ini pada kesimpulannya bagus untuk kami, artinya kami punya kesempatan untuk bertanding melawan tim Arab, bagaimana kami menjadi tahu bahwa mereka suka memancing emosi pemain” lanjut Bima.

Sementara itu, pemain belakang timnas U-16, Alexandro Felix Kamuru, mengatakan ia dan rekan-rekan setimnya ingin memperbaiki pola permainan untuk laga-laga yang akan datang.

“Untuk permainan hari ini tim kami bermain bagus tapi sayang kami belum beruntung. Kami juga kalah dari segi postur karena pemain mereka tinggi-tinggi. Saya kecewa, tapi ke depannya saya bersama tim akan berusaha untuk tampil lebih baik lagi” kata Alex.

Setelah melakoni dua uji coba di UEA, skuat Garuda Asia akan kembali ke Indonesia pada Minggu (25/10) pagi waktu setempat. Rencananya, para pemain dan ofisial akan diliburkan terlebih dahulu. (OL-1)

BERITA TERKAIT