25 October 2020, 10:45 WIB

Ajax Menang Telak 13-0 Akibat Kekalahan dari Liverpool


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AJAX, Sabtu (24/10), memecahkan rekor Eredivisie milik mereka sendiri yang bertahan selama 48 tahun setelah menghajar Venlo 13-0.

Lassina Traore mencetak lima gol saat juara bertahan Erevisie itu memecahkan rekor yang dicetak Ajax di era Johan Cruyff yang menang 12-1 atas Vitesse Arnhem pada Mei 1972.

Traore menjadi pemain Ajax pertama yang mencetak lima gol dalam laga Eredivisie sejak Marco van Basten melakukannya pada 1985.

Pemain berusia 19 tahun itu kini hanya tertinggal satu gol dari pemain Feyenoord Steven Berghuis untuk menjadi pencetak gol terbanyak Eredivisie.

Baca juga: Fenomenal, Ajax Cukur Habis VVV Venlo 13-0

Selepas laga, Traore mengatakan kekalahan 1-0 dari Liverpool di laga Liga Champions membuat para pemain Ajax marah dan bertekad melampiaskan kemarahan itu pada Venlo.

"Kami menghormati mereka. Namun, di lapangan, kami memberikan segalanya untuk melampiaskan kemarahan," ujar Traore kepada stasiun televisi NOS.

Pelatih Ajax Erik Ten Hag sepakat dengan pernyataan Traore.

"Anda tidak melihat hasil seperti ini di Eredivisie. Ini sangat spesial. Kami sangat lapar di lapangan. Kami ingin mencetak gol dan terus melakukannya," tegasnya.

Kemenangan telak itu menempatkan Ajax memuncaki klasemen Eredivisie, unggul dua poin dari PSV Eindhoven dan tiga poin di atas peringkat tiga Vitesse.

Adapun Venlo yang kini mengantongi selisih gol -13 pascakekalahan dari Ajax sudah tidak menang sejak hari pemuka musim.

"Kami harus bangkit besok. Selepas laga ini, kami hanya ingin mengubur diri menggunakan beton," aku pelatih Venlo Hans de Koning. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT